Kamis 14 Apr 2016 15:29 WIB

Perayaan HUT Sleman Telan Miliaran Rupiah

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Ani Nursalikah
Kabupaten Sleman
Foto: Antara
Kabupaten Sleman

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Perayaan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Sleman semakin dekat. Guna menyemarakkan perayaan tersebut, berbagai kegiatan pun digelar dengan total anggaran mencapai Rp 3,5 miliar.

Ketua Panitia Umum HUT Sleman, Soekarno menuturkan, anggaran tersebut digunakan untuk kegiatan pengadaan perlengkapan. Di antaranya ribuan umbul-umbul, 3.000 stiker, dan 250 lampion. Selain dipasang di ibu kota kabupaten, perlengkapan tersebut juga dibagikan ke setiap pedukuhan.

Adapun jumlah pedukuhan di Sleman sebanyak 1.212. Semantara desa sebanyak 68, dengan 17 kecamatan. “Untuk umbul-umbul dananya sekitar Rp 530 juta. Pengadaannya lelang,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Setda Sleman itu, Kamis (14/4).

Namun begitu, menurutnya anggaran perayaan seabad Sleman ini masih terbilang wajar sebab dana tersebut digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Misalnya program bedah 100 rumah dan lomba kebudayaan.

Hingga saat ini, puncak peringatan HUT ke-100 Sleman rencananya akan digelar di Lapangan Denggung pada 15 Mei. Meski demikian, saat ini berbagai rangkaian perayaan seabad Sleman telah berjalan, seperti belanja berhadiah di pasar tradisional.

“Kami harap dengan perayaan 100 tahun nanti, warga dapat merasakan kemeriahan,” ujar Soekarno. Selain itu, warga pun diharap mampu berpartisipasi dalam peringatan HUT Sleman baik dengan hadir ke tempat penyelenggaraan puncak acara, maupun di rumah masikng-masing.

Sementara itu, warga Watugajah, Sendangagung, Minggir, Subardi (55) menilai, selama beberapa tahun sebelumnya HUT Sleman hanya diperingati oleh kalangan menengah ke atas. Sedangkan kebanyakan masyarakat bawah tidak mengetahui mengenai ulang tahun Sleman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement