Sabtu 09 Apr 2016 22:15 WIB

Lima Sungai di Bangka Tengah Rawan Banjir

Ilustrasi Banjir
Foto: Republika On Line/Mardiah diah
Ilustrasi Banjir

REPUBLIKA.CO.ID, KOBA -- Lima sungai di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung rawan banjir karena sedimentasi tinggi dan hutan di sekililingnya sudah gundul.

"Saat curah hujan tinggi sungai tersebut rawan meluap dan banjir karena kondisi sungai sudah rusak," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Bangka Tengah Ali Imron di Koba, Sabtu (9/4).
 
Ia menjelaskan lima sungai yang rawan banjir dan sudah tercemar lumpur tersebut adalah Sungai Lampur, Nibung, Kayu Ara, Kretak dan Sungai Pedindang. "Sungai tersebut tersebar di beberapa kecamatan di daerah ini, jika curah hujan tinggi gampang meluap dan memicu banjir di beberapa kawasan," ujarnya.
 
Ia menjelaskan di antara penyebab banjir adalah tingginya curah hujan sementara sungai tidak sanggup lagi menampung air sehingga meluap dan menggenangi beberapa kawasan. "Praktis hutan di sekitar sungai terutama di hulu sudah gundul dan sedimentasinya cukup tinggi sehingga rawan meluap," ujarnya.
 
Pihaknya sudah melakukan pemetaan daerah kritis untuk diantisipasi agar tidak meluap dan memicu banjir di berbagai titik.

"Kondisi alur sungai terparah saat ini adalah Sungai Kayu Ara, Kretak dan Lampur," ujarnya.

 
 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement