Jumat 08 Apr 2016 11:00 WIB

Pengolahan Hasil Ikan Sumsel Perlu Dimaksimalkan

 Empek-empek, sala satu makann hasil olahan ikan yang terkenal dari Palembang
Foto: Antara/Feny Selly
Empek-empek, sala satu makann hasil olahan ikan yang terkenal dari Palembang

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pengolahan hasil ikan di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) perlu dimaksimalkan lagi karena minat masyarakat atas hasil perikanan sungai dan laut ini cukup besar. Saat masih menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Musirawas, Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel H Mukti Sulaiman mengatakan banyak masyarakat yang tertarik untuk membeli ikan. Tetapi pengolahan dan pengelolaannya belum bervariasi. 

Apalagi hasil ikan di daerah ini sudah terkenal, sehingga konsumen banyak yang mempertanyakan hasil perikanan air tawar/payau dan laut tersebut. "Seharusnya pengolahan ikan tersebut bervariasi supaya wisatawan asing banyak membeli hasil perikanan dari Sumsel tersebut," ujar dia Jumat (8/4).

Menurutnya, bukan itu saja, hasil pengolahan tersebut harus tahan lama sehingga produk tersebut semakin diminati. Karena itu perlu dimaksimalkan hilirisasi ikan supaya perekonomian masyarakat semakin meningkat.

Mukti mengatakan dalam pengolahan ikan tersebut harus mengikutsertakan banyak pihak termasuk dukungan permodalan yang diperlukan. Dia menegaskan, yang jelas pemerintah akan mendorong agar pengolahan ikan dengan berbagai variasi semakin banyak di daerah ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumsel Permana mengatakan, pengolahan berbagai produk di daerah ini terus dimaksimalkan agar semakin berkembang. Menurut dia, hilirisasi termasuk pengolahan dan pengelolaan industri kecil dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga perlu terus dimaksimalkan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement