Rabu 06 Apr 2016 01:28 WIB

Rizal Ramli Puji Menteri Susi yang Berani Tegas Lawan 'Orang Kuat'

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Foto: VOA
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli memuji langkah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang berani menenggelamkan kapal milik pelaku Illegal Fishing.

Menurut Rizal Ramli, saat ini Susi sudah menenggelamkan sekitar 174 kapal. Ia menilai, meski langkah ini menuai kontroversi, tetapi manfaatnya sangat jelas.

Ia mengungkapkan, sebelumnya banyak kapal asing yang dibekingi orang-orang kuat di Indonesia untuk mencuri ikan di Indonesia, dan telah merugikan negara hingga puluhan miliar dollar.

''Tetapi setelah Ibu Susi jadi Menteri, dia dengan ketetapan hati gak peduli bekingnya siapa. Dia tangkap, tenggelamkan dengan bantuan dari teman-teman Angkatan Laut, Polisi dan Kejaksaan,'' ujar Rizal.

Ada dua dampak penting menurut dia melalui Penenggelaman Kapal pencuri itu. Pertama, tangkapan nelayan tradisional menjadi lebih banyak dibandingkan satu tahun atau 1,5 tahun yang lalu.

Ia mencontohkan di Sibolga, sekitar 3 bulan yang lalu, biasanya nelayan tradisional hanya menangkap 200 ton per hari, namun saat ini sudah bisa menghasilkan 400 Ton per hari. "Tapi saya tahu, saudara juga tahu banyak yang gak suka sama Ibu Susi terutama beking dari kapal yang ditenggelamkan ini,'' ucapnya.

Ia menilai, Indonesia butuh orang yang berani melawan illegal fishing dan mafia.

Baca juga, Satu Kapal Asing dan Dua Kapal Lokal Ditenggelamkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement