Sabtu 02 Apr 2016 22:32 WIB

Airlangga Hartanto: Proyek MRT Sangat Prestisius

Rep: intan pratiwi/ Red: Taufik Rachman
Pekerja sedang menyelesaikan pembangunan terowongan bawah tanah MRT, Jakarta, Kamis (17/3).    (Republika/Tahta Aidilla)
Pekerja sedang menyelesaikan pembangunan terowongan bawah tanah MRT, Jakarta, Kamis (17/3). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon Ketua Umum (Caketum) Partai Golkar (PG) Airlangga Hartarto (AH) mengapresiasi proyek Mass Rapid Transportation (MRT) yang saat ini sedang dikerjakan. AH yang saat ini menjadi anggota Komisi XI DPR mendukung penuh proyek infrastruktur tersebut.

"Ini proyek yang sangat prestisius dan membanggakan. Kita dukung penuh proyek ini," kata AH saat meninjau proyek MRT di kawasan Patung Pemuda, Sabtu (2/4).

AH meninjau proyek tersebut bersama  anggota Persatuan Insinyur Indonesia (PII). AH adalah Ketua Dewan Pembina PII. AH menjelaskan proyek MRT adalah terobosan berani pemerintah, baik dari segi kebijakan maupun penggunaan teknologi.

"Ini solusi untuk mengurai kemacetan yang tiap hari terjadi di Jakarta. Nanti di stasiun-stasiun akan dibangun kios-kios bagi usaha kecil dan menengah. Jadi ada pembukaan kawasan ekonomi baru dari pembangunan MRT ini, disamping mengurai kemacetan. Tentu ada efek-efek lain yang muncul dari proyek ini nantinya," tutur mantan Ketua Komisi VI DPR ini.

Dia berharap proyek MRT ini nantinya ada transfer ilmu dan teknologi kepada tenaga kerja lokal. Dengan demikian, kedepannya, Indonesia tidak bergantung pada insinyiur asing tetap memiliki kemampuan sendiri untuk membangun MRT di daerah lain.

AH juga mendukung proyek infrastruktur lain yang sedang dibangun pemerintah untuk mengurai kemacetan. Diantaranya proyek LRT (Light Rapid Transportation). LRT sudah dibangun di Palembang.

"Kedepan, proyek seperti itu sangat penting karena berbasiskan transportasi massal," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement