Kamis 31 Mar 2016 04:35 WIB

Cover Asap Republika Dikagumi Media Asing

Rep: Ali Mansur/ Red: Karta Raharja Ucu
 Pemred Harian Umum Republika, Nasihin Masha (tengah) menerima penghargaan Gold Asia Media Award 2016 di ajang World Association of Newspapaer and News Publisher (WAN-IFRA) di Manila, Filipina, Rabu (30/3).(Republika/Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Pemred Harian Umum Republika, Nasihin Masha (tengah) menerima penghargaan Gold Asia Media Award 2016 di ajang World Association of Newspapaer and News Publisher (WAN-IFRA) di Manila, Filipina, Rabu (30/3).(Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Bertempat di salah satu lokasi paling bersejarah, Port Santiago di Manila, Harian Republika meraih penghargaan berskala internasional. Sekitar 300 eksekutif media dari 30 negara turut hadir pada malam penganugeraan tersebut. Konsep garden party turut menambah keeleganan ajang tahunan tersebut.

Sebelumnya acara puncak, panitia penyelenggara menyajikan tarian di balik layar dari El Gamma Penumbra. Kemudian setelah para peserta menyantap hidangan berbagai makanan khas Filipina, penganugeraan pun dimulai.

Pemandu acara memanggil satu peserta peraih penghargaan daru berbagai kategori. Dalam satu kategori terdapat tiga gelar, yaitu Gold, Bronze, dan Silver. Hanya selang beberapa kategori, pemandu acara memanggil para peraih penghargaan dalam kategori Best Design Front Page.

"Inilah peraih gold dari kategori Best Desain Front Page, Harian Republika dari Indonesia," kata pemandu acara dengan lantang.

Tepuk tangan para peserta bergemuruh, terlebih saat panitia penyelenggara menampilkan contoh desain halaman muka yang membuat Harian Republika meraih penghargaan bergengsi. Adalah halaman muka edisi 8 Oktober 2015. Halaman muka tersebut memberitakan terkait bencana asap yang melanda Indonesia, terutama kawasan Sumatra. Bahkan halaman muka berpengaruh di Indonesia maupun dunia internasional.

"Saya baru lihat tadi, itu cover yang sangat menarik. Banyak cara untuk bisa menyampaikan gagasan, dan apa yang dilakukan Republika adalah hebat. Saya kira kritik yang disampaikan oleh Republika adalah kritikan cerdas," puji  Chief Photographer Media Malaya Manorama dari India, Sanjay Ahlawat, saat ditemui Republika di sela-sela acara, Rabu (30/3).

Bahkan Sanjay kagum dengan apa yang dilakukan Republika. Tidak hanya itu, cover yang meraih sejumlah penghargaan dari berbagai pihak itu dapat membuatnya terinpirasi. Dia berharap, dengan adanya halaman muka tersebut, pemerintah Indonesia dan juga di negara lainnya dapat peduli dengan bencana kebakaran hutan.

Sementara itu, Group Editor in Chief and Chairman of WAN-IFRA, Pichai Chuensuksawadi. Dalam sambutannya sangat senang dengan banyaknya karya-karya jurnalis yang berkualitas. Ia berkata, yang dibuat media massa sudah seharusnya diberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan. Dia juga merasa senang dengan terselenggaranya acara bergengsi tersebut.

"Apa yang media lakukan harus diberikan apresiasi, dan selamat kepada para pemenang. Kami juga berterima kasih kepada Filipina yang telah mengemas acara Publish Asia 2016 ini dengan menarik," kata Pichai Chuensuksawadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement