Kamis 31 Mar 2016 03:47 WIB

RS Hasan Toto Gelar Operasi Gratis Bibir Sumbing

Rep: C32/ Red: Karta Raharja Ucu
Operasi bibir sumbing.    (ilustrasi)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Operasi bibir sumbing. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr M Hassan Toto Landasan Udara (Lanud) Atang Sendjaja menggelar bakti sosial. Acara tersebut khusus dilakukan untuk operasi sumbing bibir dan langit-langit.

 

“Masyarakat diharapkan turut mendaftarkan penderita kelainan bibir di lingkungannya,” kata Komandan Lanud ATS Marsekal Pertama Hari Budianto di Aula RSAU, Rabu (30/3).

 

Hari menyatakan kegiatan tersebut masih menjadi rangkaian HUT TNI AU ke-70. Tetapi, kata dia, bakti sosial tersebut tidak hanya saat HUT saja namun akan dilakukan sampai 29 Juli 2016 dan berlanjut lagi sampai ulang tahun TNI.

 

“Saya berharap kegiatan tersebut dapat menyasar masyarakat tidak mampu yang menderita kelainan bibir,” tutur Hari.

 

Di Kabupaten Bogor, kata Hari, masih banyak wilayah kesejahteraannya rendah seperti Rumpin hingga ke utara. “Jadi kalau ada masyarakat yang menemukan penderita kelainan bibir silakan dibawa ke sini," jelas Hari.

Hari menjelaskan, pendaftaran dibuka pada satu hingga 11 April 2016. Sementara screening dan operasi akan dilaksanakan pada 25 hingga 26 April 2016. Selain itu, peserta ditentukan tidak dibatas jumlah sehingga RSAU akan menampung seluruh penderita kelainan bibir sumbing dan langit-langit.

 

“Hanya saja kita sudah tentuka waktu berakhirnya bakti sosial. Misalkan, 25 April ini hanya 20 orang. Nanti jika ada yang mendaftar lagi akan diikutkan untuk Juli. Dan setelah Juli lewat kita akan lakukan Oktober,” kata Hari.

 

TNI AU juga akan bekerja sama dengan Yayayasan Bhakti Indonesia dan Smile Train. Selain itu, lanjut Hari, untuk rumah sakit pemerintah sebagai lokasi rujukan setelah operasi, meskipun begitu RSAU akan tetap menampung bila pasien enggan dirujuk ke RS lain.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement