Selasa 29 Mar 2016 06:14 WIB

Kartu Identitas Anak Diterbitkan Pertengahan Tahun

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Angga Indrawan
Kartu Identitas Anak
Kartu Identitas Anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penerbitan Kartu Identas Anak (KIA) yang dicanangkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun ini di 50 kabupaten/kota diperkirakan selesai pada Mei atau Juni 2016. Saat ini tahapan yang tengah dilakukan dalam program ini yakni proses pelelangan penyediaan blanko KIA di mana sedang masuk tahap prakualifikasi.

"Diperkirakan awal Mei atau pertengahan blanko telah tersedia sehingga kemungkinan Mei atau Juni bisa diterbitkan," kata Direktur Pendaftaran Penduduk, Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil  (Dukcapil), Kemendagri Drajat Wisnu Setiawan di Jakarta, Senin (28/3).

Dengan begitu, ia mengatakan penerapan awal untuk percobaan di 50 kabupaten/kota ini bisa dilakukan. Apalagi persiapan di daerah yang ditunjuk tersebut sudah dilakukan sejak saat ini.

Meski begitu menurutnya, pihaknya akan terus melakukan sosialiasi kepada stakeholder terkait juga bimbingan teknis ke operator percetakan KIA agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

"Sehingga siap untuk melakukan percetakan Kia ini," katanya.

Payung hukum KIA sendiri diatur di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 2/2016 tentang Tata Cara Penerbitan KIA. Termasuk di dalamnya spesifikasi blanko yang digunakan dalam penerbitan KIA. Dana yang dianggarkan untuk KIA ini sebesar Rp. 8.789.910.000 dari APBN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement