Senin 28 Mar 2016 23:35 WIB

Pemkot Bekasi akan Tambah Jumlah Puskesmas

Rep: C38/ Red: Karta Raharja Ucu
Puskesmas, ilustrasi
Puskesmas, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menargetkan penambahan jumlah puskesmas. Hal ini dilakukan dengan cara menaikkan status puskesmas pembantu (pustu) menjadi puskesmas.

Wakil Wali Kota Bekasi, Ahmad Syaikhu, mengatakan, kebijakan ini diambil untuk meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan di tengah masyarakat Kota Bekasi. "Sarang-sarang pustu akan kita jadikan puskesmas," ucap Ahmad Syaikhu, Ahad (27/3).

Menurut Syaikhu, penambahan jumlah puskesmas dari pustu akan mulai direalisasikan tahun ini. Sebab, Pemkot Bekasi memandang, pelayanan kesehatan di pustu-pustu masih terbatas dan sederhana. Dokter dan paramedis masih sedikit, sementara kapasitas pelayanan yang bisa ditampung juga terbatas.

Kota Bekasi memiliki sumber daya untuk mendukung pelayanan tersebut. Syaikhu menyebut, jumlah dokter di Kota Bekasi tercatat sekitar 2227 orang.

 

"Ini sayang kalau tidak dioptimalkan sampai ke pustu-pustu," kata dia. Menurut dia, pemkot akan mendukung penambahan peralatan dan kelengkapan fasilitas yang dibutuhkan untuk menjadi puskesmas.

Selain menaikkan status pustu menjadi puskesmas, ia mengatakan, Pemkot Bekasi pada tahap awal akan menjadikan empat rumah sakit tipe D dari puskesmas. Keempat puskesmas tersebut antara lain, Puskesmas Pondokgede, Rawalumbu, Pejuang, dan Karangkitri.

Secara terpisah, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menambahkan, tahun pelayanan dasar yang dicanangkan Pemkot harus diikuti dengan pelayanan di bidang kesehatan bagi warga Kota Bekasi. Dinas Kesehatan harus turut mendukung dengan peningkatan kelas pustu menjadi puskesmas.

Data Dinas Kesehatan Kota Bekasi mencatat, puskesmas di Kota Bekasi saat ini berjumlah sebanyak 31 unit, tersebar di 56 kelurahan. Belum setiap kelurahan memiliki puskesmas sehingga ada warga yang harus menyeberang ke kelurahan lain untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Sementara, jumlah pustu di Kota Bekasi sebanyak 24 unit, tersebar di berbagai kelurahan. Tahun ini, rencananya delapan unit pustu akan dinaikkan statusnya menjadi puskesmas. Kedelapan pustu tersebut antara lain, pustu Jakasetia, Harapanbaru, Perwira, Jatimelati, Pedurenan, Ciketingudik, Jatirangon, dan Kalibaru.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement