Senin 28 Mar 2016 21:03 WIB

17 Dosen BSI Penerima Hibah PDP DIKTI 2016

Para dosen BSI yang berhasil meraih hibah  PDP Dikti 2016.
Foto: Dok BSI
Para dosen BSI yang berhasil meraih hibah PDP Dikti 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), berdasarkan surat dengan nomor: 0299/E3/2016, tanggal 27 Januari 2016 melalui laman resminya http://simlitabmas.dikti.go.id/ mengumumkan penerima hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di perguruan tinggi tahun 2016.

Sebanyak 17 dosen Bina Sarana Informatika (BSI) Jakarta berhasil memenangkan dan menerima hibah penelitian tersebut, pada program disentralisasi yaitu Penelitian Dosen Pemula (PDP).

Penerima hibah proram Penelitian dan Pengabdian Masyarakat tahun 2016 merupakan pengusul yang proposalnya dinyatakan lolos seleksi, dan yang bersangskutan telah mengisi serta mengunggah dalam SIMLIBTAMAS dokumen-dokumen pelaporan, hasil pelaksanaan kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat tahun 2015.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) BSI Heri Kuswara memberikan apresiasi yang besar kepada seluruh dosen yang telah lolos proposal penelitiannya untuk didanai oleh pemerintah melalui hibah Dikti tahun anggaran 2016.

‘’Kami mewakili manajemen BSI sangat bangga dengan Bapak/Ibu yang telah lolos menerima Hibah Penelitian Dikti. Apalagi dosen yang lolos terbilang banyak. Setiap tahun jumlahnya meningkat terus. Ini menunjukan bahwa para dosen BSI sangat fokus dengan bidang penelitian yang merupakan salah satu aspek terpenting dalam perguruan tinggi,’’ ujar Heri Kuswara, Senin (28/3).

Artika Surniandari, dosen BSI yang lolos menerima hibah PDP dengan judul penelitian ‘Pengaruh Penerapan E-Ticketing Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Kereta’ mengungkapkan kebahagiaannya atas apa yang diraih.

‘’Dari awal membuat proposal penelitian, LPPM BSI senantiasa hadir mendampingi, memotivasi dan mengarahkan sampai lolos. Begitu pun setelah dinyatakan lolos, tetap mengarahkan hingga pembuatan laporan akhir,’’ pungkasnya.

Heri mengemukakan, pencapaian para dosen BSI dalam program PDP ini diharapkan memotivasi para dosen lainnya. ‘’Dengan semakin banyaknya dosen BSI yang lolos hibah Penelitian Dosen Pemula Dikti  diharapkan ke depan dapat terus meningkatkan motivasi dan antusiasme dosen lainnya di lingkungan perguruan tinggi BSI untuk meningkatkan kompetensinya di bidang penelitian,’’ ujar Heri Kuswara.

Kebijakan desentralisasi penelitian oleh Ditjen Dikti, Penelitian Dosen Pemula (PDP)  merupakan salah satu skema penelitian yang diperuntukkan bagi dosen tetap Perguruan Tinggi. Selain untuk mengarahkan dan membina kemampuan meneliti, program ini juga diharapkan dapat menjadi sarana latihan bagi dosen pemula untuk memublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah baik lokal maupun nasional terakreditasi.

Setelah penelitian selesai, para peneliti diwajibkan untuk menyerahkan laporan hasil penelitian, luaran publikasi ilmiah, dan diharapkan dapat melanjutkan penelitiannya ke program penelitian lain yang lebih tinggi.

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement