Senin 28 Mar 2016 16:32 WIB

DIY Siapkan 700 Dosis Vaksin Flu Burung

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi vaksin flu burung.
Foto: ANTARA
Ilustrasi vaksin flu burung.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Untuk mengantisipasi merebaknya Flu Burung di DIY, tahun 2016 ini Dinas Pertanian DIY  menyiapkan sebanyak 700 ribu dosis vaksin Flu Burung.

"Kami masih menunggu kiriman vaksin tersebut dari Pusat," kata Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Dinas Pertanian DIY Anung Endah Suwasti kepada Republika.co.id, Senin (28/3).

Apabila vaksin tersebut datang akan segera dilakukan vaksinasi ke unggas (itik dan ayam). Dia mengatakan tahun 2016 sudah ada laporan kematian unggas di Tegalrejo Kota Yogyakarta pekan lalu.

"Sudah dilakukan pengambilan sampel unggas yang mati tersebut untuk dilakukan pemeriksaan, tetapi hasilnya belum ada. Dan di wilayah tersebut sudah dilakukan biosekuriti," katanya.

Anung mengakui DIY tersebut wilayah yang risiko tinggi Flu Burung. Wilayah yang endemis Flu Burung di kabupaten/kota se DIY sudah ada. Karena itu untuk mengantisipasi terhadap Flu Burung di DIY, Pemda DIY berupaya untuk meningkatkan biosekuriti pada kawasan ternak di masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement