Sabtu 26 Mar 2016 19:12 WIB

Diguyur Hujan Deras, Belasan Pohon di Kota Bandung Tumbang

Rep: C26/ Red: Bayu Hermawan
Pohon tumbang (ilustrasi)
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Pohon tumbang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Hujan deras disertai angin kencang mengguyur Kota Bandung pada Sabtu (26/3) sore. Akibatnya beberapa pohon tumbang di sejumlah titik.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, di Jalan Abdurahman Saleh pohon berjenis angsana tumbang hingga menutup sebagian badan jalan. Selain itu pohon yang diperkirakan setinggi 10 meter itu pun menimpa sebuah reklame.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman (Diskamtam) Kota Bandung, Arief Prasetya mengatakan hujan deras yang turun sore tadi memang memgakibatkan pohon timbang. Laporan yang ditangani pihaknya menyebutkan belasan pohon tumbang di beberapa lokasi.

"Jumlahnya ada belasan pohon," kata Arief saat dihubungi, Sabtu (26/3).

Berdasarkan laporan yang telah masuk ke pihaknya, ada sekitar beberapa titik pohon tumbang sore tadi. Seperti di Sukarasa (perintis), Sari Jadi arah Cihideung, Jalan Dakota, Jalan Abdurahman Saleh (maleber), Jalan Agusta, Nurtanio, pelataran parkir Bandara Husein Sastranegara, Makam Sirnaraga, serta Gunung Batu.

Ia menyebutkan di Nurtanio ada tiga pohon yang tumbang. Sementara enam pohon di Sirnaraga, serta beberapa pohon patah dahan di Jalan Dakota. Jumlah ini juga disebutnya belum keseluruhan karena  diperkirakan masih ada pohon tumbang di beberapa titik lainnya.

Pohon-pohon tumbang tersebut beberapa menimpa bangunan atau benda di sekitar lokasi. Ia mengatakan di Gunung Batu, sebuah pohon flamboyan tumbang sekitar pukul 15.00 WIB dan menimpa sebuah mobil. Sedangkan di Dakota ada yang menimpa sebuah rumah.

"Di Gunung batu menimpa mobil, sedangkan di Dakota menimpa rumah," ujarnya.

Menurutnya, pohon-pohon tersebut tumbang karena tidak kuat menahan derasnya air. Apalagi hujan tadi disebutnya juga disertai angin kencang.

"Kalau dilihat dari patahan dahan, nggak ada yang bolong masih bagus, berarti nggak kuat menahan angin kencang," ujarnya.

Menindaklanjuti pohon tumbang, pihaknya menerjunkan tim penanganan terdiri dari 14 orang yang dipecah ke beberapa titik. Dibantu enam personil tambahan.

Ia mengimbau agar warga menghindari aktivitas di bawah pohon tatkala hujan deras. Hindari pula memarkir kendaraan di bawah pohon-pohin besar yang rawan tumbang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement