Jumat 25 Mar 2016 19:01 WIB

Siswi SMP Putri Surabaya Lestarikan Masakan Tradisional

Siswi SMP Putri Luqman al Hakim Hidayatullah Surabaya, Jawa Timur, sedang menyajikan tahu tek.
Foto: dokumen
Siswi SMP Putri Luqman al Hakim Hidayatullah Surabaya, Jawa Timur, sedang menyajikan tahu tek.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Para siswi SMP Putri Luqman al Hakim Hidayatullah Surabaya, Jawa Timur, menunjukkan kepiawaiannya dalam seni masak-memasak. Pada gelaran bertajuk ‘Aku Cinta Masakan Tradisional Indonesia’ yang berlangsung Jumat (25/3), mereka dengan cekatan membuat sajian kuliner tradisional. Antara lain menu Tahu Tek dan Lontong Tahu.

Kepala Sekolah SMP Putri, Somi Suradi, menuturkan kegiatan ‘Aku Cinta Masakan Tradisional Indonesia’ ini bertujuan menyadarkan generasi bangsa untuk melestarikan masakan dan makanan tradisional Indonesia.

Terlebih memasuki MEA, ujarnya, warga negara lain memiliki kebebasan berdomisili dan memiliki usaha di Indonesia. “Jika tidak jeli menanamkan kepada siswa pentingnya masakan tradisional Nusantara, bukan tidak mungkin masakan tradisional Nusantara hanya tinggal nama,” ujarnya.

Peserta terbagi dalam kelompok yang membuat Tahu Tek, Lontong Tahu, dan lainnya. “Ini jenis masakan khas Nusantara yang harus dilestarikan,” kata salah satu siswi, Amanda Kirana Putri, dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Hal senada diungkapkan Zoya, siswi lainnya. Ia mengaku sangat senang mengikuti kegiatan ini. “Seneng sih, biasanya makan junk food, sekarang masak masakan tradisional.”

Ia pun berharap, anak seusianya juga mengenal masakan tradisional Indonesia. Menurutnya, selain mengandung banyak gizi, juga tidak mengandung bahan kimia yang bisa membahayakan tubuh. “Terpenting melestarikan kuliner Indonesia,” ujar dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement