Jumat 25 Mar 2016 12:39 WIB

Puluhan Warga Sukabumi Keracunan Makanan Massal

Rep: Riga Iman/ Red: Winda Destiana Putri
Keracunan makanan
Foto: Google
Keracunan makanan

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI --  Keracunan massal menimpa puluhan warga di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi Kamis (24/3) malam.

Dampaknya, puluhan warga harus dibawa ke puskesmas dan rumah sakit umum daerah (RSUD) Palabuhanratu. Warga datang secara bergelombang ke rumah sakit dan puskesmas sejak Kamis malam hingga Jumat (25/3) pagi.

Informasi yang diperoleh, keracunan makanan tersebut terjadi di Kampung Cikarae RT 03 RW 05 Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Sukabumi.

Kejadian tersebut terjadi pada saat acara syukuran salah seorang warga di Kampung Cikarea. Pada acara yang berlansung Kamis sore itu dibagikan sejumlah makanan yang diduga menjadi penyebab keracunan.

Kapolsek Cikakak AKP Iji Jubaedi mengatakan, data sementara yang diperoleh menyebutkan ada sekitar 50 orang warga yang keracunan.

"Sebanyak 21 orang diantaranya harus dirujuk ke RSUD Palabuhanratu," ujar dia kepada wartawan.

Selain itu, ada sebanyak 29 orang warga lainnya yang mendapatkan perawatan intensif di Puskesmas Cikakak. Mereka rata-rata mengalami gejala keracunan seperti mual-mual, muntah, lemas, dan pusing.

Iji menerangkan, keracunan tersebut diduga berasal dari makanan yang diberikan pada acara syukuran empat bulan kehamilan salah seorang warga. Jenis makanan yang dihidangkan antara lain rujak, nasi uduk, dan telur rendang.

"Sampel makanan yang diduga menjadi penyebab keracunan sudah diambil," terang Iji.

Pengambilan sampel tersebut dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk memastikan penyebab terjadinya keracunan.

Humas RSUD Pelabuhanratu, Billy menambahkan, di rumah sakit tercatat ada 21 orang warga yang diduga mengalami keracunan.

"Puluhan warga itu mendapatkan perawatan intensif di IGD RSUD," terang dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement