Senin 21 Mar 2016 22:24 WIB

Kota Hujan Luncurkan Program 'Bogorku Bersih'

Tugu Kujang di Bogor.
Tugu Kujang di Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemkot Bogor meluncurkan program 'Bogorku Bersih'. Program itu diluncurkan guna meningkatkan kebersihan dan keindahan kota tersebut.

"Program ini bentuk kolaborasi atar SKPD apartur wilayah, LPM, RT, RW, PKK da kepemimpina," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, dalam siaran pers peluncuran Bogorku Bersih, di Bogor, Senin (21/3).

Bima mengatakan, ada dua hal yang menjadi masalah di Kota Bogor yakni sampah dan kemacetan. "Ada tiga hal yang menjadi kunci dari majunya kota-kota yakni konsep, punya visi rencana program dan kolaborasi," katanya.

Program Bogorku Bersih terdiri dari rangakaian perlombaan yang melibatkan masyarakat secara luas dari tingkat RT, RW, kelurahan hingga kecamatan. Sebagai salah satu upaya mewujudkan Bogor bebersih yang dicanangkan Kota Bogor pada 2016.

Ketua Panitia Lomba Kebersihan, Een Irawan Putra mengatakan, lomba Bogorku Bersih juga mejadi gerakan bersama medorong partisipasi seluruh pihak dalam pengolahan sampah dan kebersihan di Kota Bogor. "Selain untuk meningkatkan kebersihan, lomba ini juga bertujuan untuk meningkatkan kebersihan dan keindahan," katanya.

Tidak hanya itu, lomba tersebut juga ditujuka untuk meningkatkan pemanfaatan sampah, mengurangi sampah yang dibuang ke TPA dan meningkatkan keterlibatan warga dalam penanganan sampah. Ia mengatakan, ada enam lomba yang akan digelar yakni lomba kebersihan tingkat RT, lomba mulung sampah Ciliwung antar kelurahan se-Kota Bogor, lomba kebersihan tingkat pelaku usaha, lomba TPS 3R yang sudah ada di Kota Bogor, lomba inisiator (individu) pengelolaan sampah dan lomba desain fasilitas pengelolaan sampah.

"Masyarakat yang ingi terlibat dapat mendaftarkan diri. Formulir pendaftaran dapat diunduh di website bogorkubersih.id," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement