Sabtu 19 Mar 2016 13:10 WIB

JJ Rizal Jagokan Tokoh Betawi Ini Untuk Saingi Ahok

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Achmad Syalaby
Sejarawan JJ Rizal
Foto: Facebook/JJ Rizal
Sejarawan JJ Rizal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejarawan JJ Rizal mengungkapkan Firdaus Djaelani sebagai salah satu alternatif pilihan bakal calon Gubernur (balongub) DKI di ajang Pilgub 2017.

Ia menyebut sosok pria yang disebut Bang Daus itu mampu menunjukan kewibawaan lokal atau local wisdom betawi. Bukan tidak mungkin Bang Daus bisa saingi bakal calon pejawat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Dia mampu menunjukkan local wisdom orang Betawi ke publik. Sosok seperti itu yang dibutuhkan di ibu kota," katanya, Sabtu (19/3).

Menurut dia, warga asli keturunan Betawi perlu menunjukkan diri sebagai pemimpin di wilayahnya sendiri. Sebab kewibawaan asli Betawi yang ramah serta berbicara apa adanya patut ditunjukan ke pentas lebih tinggi.

"Ke depan bukan hanya sebagai politisi tapi sebagai orang Betawi yang urus Betawi itu sendiri. Itu jadi identitas pembeda antara yang lain, cara berfikir yang berbeda juga berangkat dari local wisdom," ucapnya.

Rizal mengatakan jika Bang Daus yang juga menjabat sebagai Bendara Umum ICMI periode 2016-2021 itu hendak maju di Pilgub nanti. Maka perlu memilih antara maju lewat jalur independen atau partai politik. Setelah itu diharapkan ia mampu menunjukan citra orang Betawi yang intelektual dan berjiwa kepemimpinan. Sebab selama ini citra orang Betawi di televisi terbilang terbelakang.

"Menampilkan dirinya lewat touching politik tersendiri khas orang betawi. Tidak seperi citra orang Betawi yang ada di sinetron yang terbelakang tidak punya pamor,penuh kekerasan. Itu tantangan," jelasnya.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement