Jumat 18 Mar 2016 08:18 WIB

Marinir Berupaya Selamatkan Terumbu Karang

Terumbu karang dan berbagai jenis ikan di kawasan Waiwo, Raja Ampat, Papua Barat
Foto: Antara
Terumbu karang dan berbagai jenis ikan di kawasan Waiwo, Raja Ampat, Papua Barat

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Upaya penyelamatan terumbu karang terus dilakukan demi menjaga salah satu potensi sumber daya laut yang sangat penting di Indonesia. Bahkan, di Jayapura, Marinir Batalyon Pertahanan Pangkalan X pun dilibatkan. 

secara terus menerus anggota marinis berupaya menyelamatkan terumbu karang. Komandan Batalyon Pertahanan Pangkalan X Letkol Mar Marthin Luther Ginting di Jayapura, Jumat (18/3) mengungkapkan, sumber daya terumbu karang merupakan salah satu sumber yang bisa menjadi pendapatan utama dan bagian dari hidup nelayan.

Menurut dia, terumbu karang juga mempunyai nilai estetika sangat tinggi yang dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata yang dapat meningkatkan devisa negara. Secara fisik karang melindungi pantai dari degradasi dan abrasi.

Pada Kamis (17/3) Marinir Batalyon Pertahanan Pangkalan X mengkampanyekan penyelamatan terumbu karang di Kayu Pulau dan Tanjung Suaja, Kota Jayapura. "Saat ini terumbu karang sudah tidak lagi menjadi penting bagi masyarakat. Bahkan para penangkap ikan saat ini banyak yang menggunakan bom, hingga merusak ekosistem laut, salah satunya terumbu karang," katanya.

Ginting menegaskan, sejak April 2015 lalu, Korps Marinir TNI AL telah mencanangkan agar Angkatan Laut di seluruh pangkalannya melakukan pemberdayaan wilayah pertahanan laut dan mempercepat pembangunan masyarakat di wilayah pesisir laut. Salah satunya dengan membudidayakan terumbu karang.

"Yonmarhanlan X Jayapura sebagai bagian dari Korps Marinir ikut ambil bagian untuk menyukseskan program tersebut. Saat ini kami memiliki dua spot budidaya terumbu karang. Saat ini adalah masa pemeliharaan," ujarnya.

Ginting menegaskan, pihaknya juga melibatkan seluruh elemen masyarakat yang berada di Jayapura. Antara lain TNI, Polri, BUMN, Dinas terkait, mahasiswa, kelompok pecinta lingkungan dan club. "Kegiatan ini akan terus dikampanyekan untuk menyelamatkan kehidupan pesisir yang merupakan tanggung jawab kita kepada anak cucu sebagai generasi penerus," ujarnya.

Ia mengatakan, kampanye penyelamatan terumbu karang ini juga bertepatan dengan HUT Pasmar 1 yang ke-15. Yonmarhanlan X Jayapura juga akan melaksanakan acara Fun Bike di Kota Jayapura.

"Dalam Fun Bike atau Dirgahayu Pasmar I ke 15, tentunya kami akan melakukan kampanye Selamatkan Kehidupan Pesisir, Selamatkan Masa Depan Kita," ujarnya. Diperkirakan ada 800 orang yang akan ikut dalam acara Fun Bike tersebut. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement