Kamis 17 Mar 2016 20:20 WIB

Ahok Masuk Kriteria PKB, Tapi Ada Kekurangannya

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ilham
Anggota Dewan Syuro DPP PKB Maman Imanulhaq.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Anggota Dewan Syuro DPP PKB Maman Imanulhaq.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Maman Imanulhaq menegaskan, hingga saat ini PKB belum secara resmi mengumumkan dukungan terhadap salah satu bakal calon Gubernur DKI Jakarta di Pilkada DKI Jakarta 2017, mendatang.

Namun, Maman mengakui, dari beberapa kriteria yang diinginkan PKB, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memenuhi sejumlah syarat seperti pekerja keras dan bersungguh-sungguh melayani rakyat. ''Hanya ada satu kekurangannya, yaitu kesantunan publik, cara bicara. Tentu PKB masih akan terus mengamati dan melihat perkembangan ke depan,'' kata Maman kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (17/3).

Tidak hanya itu, Maman juga mempersilahkan jika ada kader PKB yang sudah memunculkan nama-nama sebagai bakal calon gubernur, termasuk diantaranya musisi Ahmad Dhani. ''Kami di PKB ada mekanisme yang akan kami lakukan untuk memberikan dukungan. Tapi secara resmi belum,'' kata Maman.

Jika PKB sudah menetapkan dukungan ataupun mengusung calon tertentu, maka keputusan itu akan diumumkan oleh Ketua Umum atau Sekretaris Jenderal. Namun, Maman mengungkapkan, PKB selalu membuka peluang dukungan kepada Ahok.

''Iya terbuka sangat lebar (peluang memberikan dukungan kepada Ahok). Tapi partai punya mekanisme sendiri dalam penjaringan dan kami tetap menghormati pilihannya untuk maju melalui jalur independen,'' kata anggota Komisi VII DPR RI itu.

Sebelumnya, Ahok sempat mengakui mendapatkan dukungan dari PAN dan PKB dalam rencananya untuk maju ke Pilkada DKI Jakarta 2017. Ahok menyebut, jika PAN bergabung, maka kemugkinan besar PKB juga akan ikut mendukungnya dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement