Kamis 10 Mar 2016 20:53 WIB

Ahok: Independen Itu Menyehatkan Parpol

Rep: C33/ Red: Winda Destiana Putri
Ahok
Foto: Republika/Yasin Habibi
Ahok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan sistem independen dalam pemilihan kepala daerah merupakan langkah untuk menyegarkan partai politik (parpol).

Basuki atau biasa disapa Ahok mengatakan negara tak bisa hanya dikuasai oleh parpol. Sebab menurutnya misalkan ada sepuluh partai di suatu negara, maka suatu negara itu hanya dimiliki oleh kesepuluh partai tersebut. Sehingga ia merasa supaya tak terjadi monopoli perlu diadakan sistem independen dalam pemilihan pemimpin.

"Agar tidak dimonopoli oleh orang tertentu di negara kita, atas nama parpol, atas nama rakyat dibukalah independen. Jadi independen ada juga dalam rangka menyehatkan parpol. Supaya apa? rakyat tidak melakukan deparpolisasi," katanya kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (10/3).

Ia menegaskan sistem independen mampu membuat parpol memperbaiki diri. Sebab, sistem independen menunjukan adanya kekurangan dalam diri parpol yang harus dibenahi.

"Untuk apa? Supaya kalau ingin menjadi kepala daerah parpol bisa koreksi diri gitu lho. Oh berarti selama ini ada yang tidak sesuai, itu aja yang terjadi. Supaya kalau tidak terpilih jadi kepala daerah parpol koreksi diri gitu lho. Oh berarti selama ini kita tidak sesuai, itu aja yang terjadi," ujarnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement