Kamis 10 Mar 2016 16:43 WIB

Ketua DPR tak Percaya Ahok Melakukan Deparpolisasi

Rep: Lintar Satria/ Red: Winda Destiana Putri
Ahok
Foto: Republika/Yasin Habibi
Ahok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengenai pencalonan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari jalur independen, Ketua DPR Ade Komarudin tidak mempermasalahkannya.

Langkah itu menurutnya harus dihormati selama tidak melanggar Undang-Undang.

"Kalo saya begini kalo beliau mau pakai jalur independen kenapa harus dikatakan deparpolisasi, kan diatur Undang-Undang, dimungkinkan, jadi itu adalah hak beliau, tidak berarti Pak Ahok melakukan deparpolisasi," katanya, Kamis (11/3).

Ade mengatakan Ahok juga pasti menyadari dalam Undang-Undang Dasar 1945 pilar demokrasinya adalah partai politik. Mitra Ahok pun, tambahnya, DPRD DKI berasal dari partai politik yang dipilih oleh rakyat.

Ade menganggap bahwa rencana Ahok tersebut tidak bisa dianggap sebagai tindakan deparpolisasi atau meniadakan partai politik Ade mengatakan tidak mungkin Ahok melakukan deporalisasi.

"Saya tidak percaya hal itu," katanya.

Ade mengatakan Ahok punya hak apakah dia maju independen atau melalui partai. Jadi hal ini harus hormati. Ini bentuk tantangan pilihan bukan hanya jalur partai tapi ada jalur sendiri dan hal itu dijamin oleh Undang-Undang.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement