Kamis 10 Mar 2016 14:06 WIB

Ibas: Demokrat Ingin Menangi Pilkada 2017

Rep: Ratna Puspita/ Red: Angga Indrawan
Ketua Komite Pemenangan Pemilu Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) (kiri) bersama Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan (kanan) memberikan keterangan pers terkait pilkada serentak di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (9/12).
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Ketua Komite Pemenangan Pemilu Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) (kiri) bersama Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan (kanan) memberikan keterangan pers terkait pilkada serentak di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (9/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 102 daerah akan melakukan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahap II yang berlangsung pada 2017. Partai Demokrat memanfaatkan ajang SBY Tour de Java untuk melakukan konsolidasi untuk meraih kemenangan pada pesta demokrasi tingkat lokal tersebut. 

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Demokrat (PD) Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengatakan, Demokrat sudah mencanangkan kemenangan pada Pilkada 2017 di sejumlah daerah. Daerah yang ditargetkan termasuk dalam daftar kunjungan SBY Tour de Java di empat provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. 

Ibas mencontohkan Kabupaten Bekasi yang dikunjungi rombongan pada Selasa (8/3) lalu menjadi perhatian Demokrat. Apalagi, Wakil Bupati Bekasi Rohim Mintareja merupakan kader Demokrat. Ada peluang Demokrat akan mengusung Rohim pada Pilkada 2017. 

Namun, Demokrat masih harus menggodok keputusan tersebut dalam mekanisme partai. Demokrat juga akan memperhatikan masukan dari pengurus di tingkat cabang dan masyarakat. Mekanisme serupa tidak hanya berlaku di Kabupaten Bekasi, namun juga 102 daerah lain yang menyelenggarakan Pilkada 2017. 

Dia menambahkan, Demokrat juga membuka peluang mengusung tokoh dari luar partai yang mumpuni dan dicintai masyarakat, tetap terbuka. "Terpenting adalah rakyat. Muara dari kegiatan politik kan rakyat," kata Ibas melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (10/3).

Anggota dewan dari Daerah Pemilihan (Dapil) VII Jawa Timur ini menambahkan, Demokrat juga tidak akan mengabaikan daerah-daerah lain di luar Pulau Jawa. "Prinsipnya, semua daerah. Jadi bukan berarti di Sumatera, Sulawesi, tidak. Bahkan, kami tidak menutup kemungkinan juga tur ke daerah-daerah tersebut," kata Ibas. 

Demokrat melakukan SBY Tur de Java sejak Selasa pekan ini. Tur yang berlangsung selama dua pekan ini dipimpin langsung oleh Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Tur ini menjadi ajang nostalgia SBY yang kerap melakukan kunjungan kerja selama dua periode menjadi Presiden RI ke-6. 

SBY juga memanfaatkan tur ini untuk menyerap aspirasi rakyat sebagai investasi untuk meraih kemenangan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Pada kunjungan hari ketiga atau Kamis (10/3), SBY beserta rombongan mendatangi pabrik garmen Al Noor Garment Factory di Tasikmalaya, Jawa Barat. SBY memuji kualitas baju-baju koko dan gamis berkelas internasional itu. 

SBY bersama fungsionaris Partai Demokrat (PD) melihat-lihat mulai dari proses produksi, display, hingga pengemasannya. "Ini bagus sekali, kualitasnya ekspor, Bu. Ada warna-warna Eropa juga ini," ujar SBY saat melihat baju gamis atau koko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement