Rabu 09 Mar 2016 08:07 WIB

Langit Bandung Berawan, Gerhana Matahari Terlihat Jelas

Rep: C26/ Red: Indira Rezkisari
Langit Bandung yang berawan, Rabu (9/3), membuat gerhana matahari justru bisa dilihat dengan mata telanjang.
Foto: C26
Langit Bandung yang berawan, Rabu (9/3), membuat gerhana matahari justru bisa dilihat dengan mata telanjang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Fenomena alam gerhana matahari memang menjadi peristiwa yang ditunggu tahun 2016 ini. Indonesia menjadi satu-satunya negara yang dapat melihat peristiwa langka ini.

Warga  Kota Bandung pun tak ketinggalan antusias. Mereka berkumpul di Alun-Alun Kota Bandung. Sejak pukul 06.30 proses gerhana matahari sudah dimulai dengan cuaca cerah dan sinar yang terik.

Hingga pukul 08.00 WIB gerhana matahari masih berlangsung. Menjelang akhir-akhir gerhana langit Kota Bandung mulai diselimuti awan.

Namun justru dengan diselimuti awan, gerhana matahari sebagian yang tengah berlangsung tampak jelas. Warga terlihat begitu senang karena bisa melihat tanpa harus menggunakan kacamata.

"Berawan malah jelas. Cahayanya jadi nggak terlalu terik," kata salah seorang warga yang tengah menyaksikan gerhana matahari di Alun-Alun Kota Bandung, Rabu (9/3).

Warga pun berbondong-bondong mengabadikannya menggunakan kamera ponsel atau digital lainnya.

Fenomena gerhana matahari di Indonesia terakhir kali terlihat pada 1983 lalu. Meski tidak mengalami gerhana matahari total, warga sangat bersemangat melihat fenoma kuasa Tuhan. Bertepatan dengan hari libur nasional, ribuan warga berkumpul menyaksikan gerhana sekaligus berlibur.

(baca: Kacamata ND5 Digunakan Saksikan GMT di Belitung)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement