Rabu 09 Mar 2016 05:55 WIB

BMKG Prediksi Cuaca Berawan Saat Gerhana Matahari

Rep: C18/ Red: Winda Destiana Putri
proses gerhana matahari
Foto: Republika / Kurnia Fakhrini
proses gerhana matahari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediski cuaca berawan bakal menaungi Jabodetabek. Cuaca cerah berawan itu diperkirakan bakal terjadi sepanjang pagi atau saat gerhana matahari terjadi.

"45 persen wilayah Jabodetabek tertutup awan pada pagi hari," kata Humas BMKG, Ririn di Jakarta.

Seperti dikutip situs resmi BMKG, Rabu (9/3) siang hari berpotensi hujan ringan terjadi di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Depok dan Bekasi. Potensi hujan dengan intensitas sedang diprediksi bakal terjadi di Jakarta Utara, Tangerang dan Bogor.

Pada malam hari, wilayah semisal Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan Tangerang bakal mengalami hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan wilayah lain seperti Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Depok, Bogor dan Bekasi diprediksi berawan.

Sementara, wilayah Indonesia lain yang juga dilintasi gerhana matahari total diperkirakan mengalami cuaca berawan. Itu termasuk daerah Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu dan Ternate.

"Kepekatannya mulai dari 30-85 persen," katanya Ririn.

Seperti diketahui, gerhana matahari total bakal melintas di Indonesia. Khusus di Jakarta fenomena alam itu diprediksi terjadi sekitar pukul 06.20 hingga 08.32 wib.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement