Selasa 08 Mar 2016 20:41 WIB

1.290 Penumpang Kapal Pesiar Saksikan Gerhana di Makassar

Sejumlah turis memasang tenda pada Eclipse Festival 2016 di Perbukitan Ngata Baru, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (7/3).
Foto: Antara/Yusran Uccang
Sejumlah turis memasang tenda pada Eclipse Festival 2016 di Perbukitan Ngata Baru, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (7/3).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Sebanyak 1.290 orang warga negara asing yang menumpangi kapal pesiar asal Belanda MV Volendam sandar di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan dan berencana menyaksikan peristiwa alam seperti Gerhana Matahari Total (GMT).

"Sesuai dengan jadwalnya, kita sudah sandar di Pelabuhan Soekarno Makassar dan baru akan meninggalkan lagi pelabuhan setelah pukul 19.00 Wita," ujar Eksekutif House Keeper, Hadi Susanto di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, sesuai dengan ramalan dari para astronomi dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) jika gerhana matahari total (GMT) akan terjadi pada Rabu, 9 Maret.

Meskipun ribuan turis ini tidak bisa melihat langsung proses gerhana matahari itu di daratan Makassar, tetapi para turis masih bisa melihatnya di Selat Makassar.

"Sesuai perkiraannya, besok pada saat terjadi gerhana matahari itu kita semua masih berada di Selat Makassar," katanya.

Kapal pesiar Volendam berbendera negara Belanda berlabuh dan sandar di dermaga pelabuhan Soekarno-Hatta kota Makassar, Sulawesi Selatan dengan membawa pesiar dari beberapa negara.

Kapal pesiar yang ditumpangi 1.290 penumpang dari berbagai negara ini sandar di Pelabuhan Soekarno Hatta Kota Makassar, pada pukul 07.00 Wita.

Sesuai dengan rute perjalanan kapal pesiar Volendam ini yakni, Singapura, Jakarta, Semarang, Probolinggo, Makassar, Selatan Palu, Bali, dan kembali ke Singapura.

Sedangkan para pesiar yang berada di atas kapal itu berasal dari berbagai negara seperti, Australia, Austria, Belarusia, Kanada, Denmark, Jerman, Israel dan Zimbabwe.

Sedangkan pesiar lainnya dari benua Asia berasal dari negara seperti, Malaysia, Filipina, Singapura, Jepang, Tiongkok, Korea, dan Hongkong. Para turis ini berencana akan menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) dia atas kapal pesiar di selat Makassar yang berbatasan dengan Palu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement