Ahad 06 Mar 2016 19:19 WIB

Bakal Cagub DKI Perlu Prioritaskan Pelestarian Budaya Betawi

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Didi Purwadi
Acara Lebaran Betawi digelar dengan tujuan mempopulerkan budaya Betawi kepada masyarakat luas.
Foto: Raisan Al Farisi/Republika
Acara Lebaran Betawi digelar dengan tujuan mempopulerkan budaya Betawi kepada masyarakat luas.

REPUBLIKA.CO.ID,‎ JAKARTA -- Pelestarian budaya Betawi hendaknya menjadi program prioritas para kandidat bakal calon Gubernur DKI Jakarta. Apabila terpilih menduduki DKI 1, maka sudah seharusnya calon tersebut memperhatikan kelangsungan budaya Betawi selama mengemban jabatan.

Politikus muda Partai Nasdem, Ahmad Sahroni, prihatin melihat selama ini isu pelestarian budaya Betawi kerap dikesampingkan dan dipandang sebelah mata. Apalagi oleh para kandidat calon Gubernur DKI Jakarta.

Dia berharap para cagub tak hanya memikirkan agenda politik saja, tetapi juga memperhatikan pelestarian budaya Betawi sebagai prioritas program kerja. "Jangan hanya pas kampanye saja, untuk menarik simpati warga," kata Sahroni, Ahad (6/3).

Keberadaan budaya Betawi saat ini terancam oleh arus globalisasi. Padahal budaya Betawi adalah identitas yang tak bisa dipisahkan dari sejarah Jakarta. Betawi adalah jatidiri Jakarta‎. Ini yang harus dijaga kelestariannya.

"Tapi saya melihat regenerasi seniman Betawi tak berjalan, sanggar juga banyak memprihatinkan karena kurang perhatian pemerintah," kata bendahara Nasdem DKI Jakarta ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement