Sabtu 05 Mar 2016 15:52 WIB

Terorisme Ancaman untuk Dunia Islam

terorisme
Foto: cicak.or.id
terorisme

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq mengatakan, secara internal dunia Islam menghadapi tantangan dan ancaman baru sebagai pekerjaan rumah domestiknya. Penurunan laju ekonomi dan masalah terorisme membuat banyak negara Muslim fokus ke dalam dan mengalihkan perhatian dari isu Palestina.

Sementara dari sisi eksternal, kata dia, negara-negara di kawasan Eropa maupun Amerika Serikat juga memiliki persoalannya besarnya sendiri. Selain persoalan ekonomi dan politik dalam negerinya, konflik di kawasan Timur Tengah juga memiliki dampak terhadap negara-negara di kawasan tersebut.

Atas beberapa persoalan di atas, Mahfudz berharap agar KTT OKI dapat mengkonsolidasi kembali perhatian dan dukungan negara-negara anggota OKI terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina. OKI juga harus mampu meletakkan peta jalan baru menuju Palestina yang merdeka.

"Indonesia, sesuai visi Presiden Joko Widodo untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina, sangat tepat untuk mengambil inisiatif bahkan menjadi motor dari gerakan OKI ini," kata dia.

Ia mengatakan isu konflik di Timur Tengah memicu isu-isu penting soal perjuangan kemerdekaan Palestina dilupakan dunia.

"Konflik di Timur Tengah dan Afrika Utara seperti Arab Spring ini menyedot energi politik dan ekonomi yang sangat besar. Perhatian terhadap isu Palestina pun semakin terpinggirkan," kata Mahfudz

(Baca Juga: Konflik Timteng Picu Isu Perjuangan Palestina Dilupakan Dunia)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement