Kamis 03 Mar 2016 19:38 WIB

Ini Saran Psikolog Agar Sembuh dari LGBT

Rep: C32/ Red: Ilham
Ilustrasi komunitas LGBT India
Foto: EPA/NATHAN G.
Ilustrasi komunitas LGBT India

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Psikolog klinis, Irfan Aulia menilai, selain menangkal pornografi, ada hal lain yang bisa dilakukan agar seorang sembuh dari penyakit lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT). Irfan menyatakan, hal tersebut bisa dilakukan dari diri sendiri melalui spiritual.

"Spritual penting, kalau dia punya hubungan kuat dengan Allah SWT. Artinya menyerah dan pasrah sadar jika LGBT menyimpang, sepengalaman saya pasti bisa sembuh," kata Irfan kepada Republika.co.id, Kamis (3/3). (Ini Kata Quraish Shihab Soal Kaum LGBT).

Meskipun begitu, ibadah tak menjamin seseorang bisa jauh dari LGBT. Tentunya, kata dia, orang yang ibadahnya baik belum tentu karena harus dilihat dari ukuranya.

"Ukur saja, kalau dia Muslim kan ada ukurannya. Shalatnya bagaimana? Bolong-bolong nggak Mereka yang LGBT justru rata-rata tidak baik ibadahnya," kata Irfan. (Pola Perkembangan LGBT Buat Psikolog Ngeri).

Bagi yang gay, lanjut Irfan, lakukan saja olahraga yang maskulin meskipun sekarang banyak yang menyimpang di tempat fitnes. Tapi Irfan menyarankan olahraga maskulin seperti lari atau jogging secara rutin paling tidak bisa mengalihkan fantasi seks yang berlebihan.

Jika cara tersebut masih kurang, menurut Irfan, penanganannya hampir sama dengan narkoba. "Yang saya liat LGBT itu adiktif ya, polanya seperti itu sama seperti kecanduan alkohol, maka harus rehabilitasi dan berserah kepada Allah SWT," jelas Irfan.

Terakhir, Irfan menegaskan LGBT yang ingin sembuh juga butuh mentor selama diterapi dan harus ada niat dari dalam diri sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement