Kamis 03 Mar 2016 18:45 WIB

Amien Rais: Indonesia Alami Krisis Moral

Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais.  (Antara/Regina Safri)
Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais. (Antara/Regina Safri)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG  --   Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menyebutkan bahwa bangsa Indonesia saat ini mengalami krisis moral.

"Krisis moral itu yang dialami bangsa Indonesia saat ini, contohnya banyak orang yang terbiasa memakan hak orang lain bahkan membunuh orang tuanya tanpa ada perasaan bersalah," katanya di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) IV PAN Sumbar, di Padang, Kamis (3/3).

Amien menyebutkan, permasalahan tersebut merupakan tanggung jawab masyarakat Indonesia dan benar-benar harus dituntaskan dengan serius.

"Penuntasannya dengan memperkuat lagi nilai-nilai luhur adat dan agama yang belakangan jadi hal kesekian dalam kehidupan," ujarnya.

Amien menyebutkan hancurnya bangsa-bangsa besar hampir secara umum dilatarbelakangi karena mengalami krisis moral dan nilai-nilai luhur budayanya. "Dan itu merupakan contoh, kita harus belajar kepada sejarah," katanya.

Secara khusus Amien mengajak kader PAN untuk berperan serta memberikan sumbangsih terhadap kasus krisis moral yang tengah terjadi.

"Mari kita mulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Kalau bukan kita siapa lagi. Apakah kita harus menunggu bangsa Indonesia hancur," katanya.

Selain itu, ia juga meminta pemerintah proaktif menyikapi permasalahan ini sehingga hal-hal yang negatif akibat krisis moral bisa dikendalikan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement