Kamis 03 Mar 2016 18:31 WIB

TNI AL Dukung Total Jambore Nasional

Red: M Akbar
Kepala Staf TNI Angkatan Laut Ade Supandi berjabat tangan dengan ketua Pramuka Adhyaksa Dault
Foto: istimewa
Kepala Staf TNI Angkatan Laut Ade Supandi berjabat tangan dengan ketua Pramuka Adhyaksa Dault

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TNI AL siap menyukseskan gelaran Jambore Nasional X 2016 di Cibubur yang akan digelar pada 14-21 Agustus mendatang. Salah satunya dengan memberi dukungan dalam hal transportasi.

"Terkait Jambore Nasional akan kami dukung penuh dari segala aspek, salah satunya adalah segi transportasi laut. Kami akan siapkan kapal-kapal untuk mengangkut peserta yang berasal  dari luar pulau Jawa,'' kata Kepala Staf TNI Angkatan Laut Ade Supandi di Jakarta, Kamis (3/3).

Ade menambahkan, jambore nasional merupakan hal penting. Menurut dia, revolusi mental baru bisa dimulai dari kegiatan seperti itu. Ia juga memiliki mimpi tentang jambore nasional.

"Saya pernah bermimpi kalau Jambore Nasional itu digelar di pingggir laut atau di satu pulau, jadi ribuan Pramuka bisa terwadahi. TNI AL akan ikut berperan dan bertanggung jawab untuk menyukseskan Jambore Nasional X 2016,'' katanya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Nasional Adhyaksa Dault mengatakan jambore nasional merupakan event besar di Indonesia. Apalagi, agenda itu digelar setiap lima tahun sekali.

''Ini melibatkan 25 ribu Pramuka penggalang dari seluruh Indonesia. Kami terus berproses untuk mempersiapkan rencana-rencana kegiatan sejak tahun kemarin agar Jambore Nasional X sukses,'' kata dia.

Adhyaksa menambahkan, kesuksesan jambore nasional juga bergantung pada pihak lain. Salah satunya adalah TNI AL.

"Berkaitan dengan Jambore Nasional X ini, tentunya Kwarnas perlu persiapan yang matang dari segi pelaksanaan kegiatan meliputi  transportasi, sarana-prasarana sampai segi Bumi Perkemahan Cibubur juga sedang dipersiapkan.  Namun kami sadar tidak bisa berjalan sendiri, membutuhkan dukungan dari banyak pihak,'' kata Adhyaksa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement