Kamis 03 Mar 2016 18:47 WIB

Tiket Murah, Animo Warga Naik Kereta Sukabumi-Cianjur Tinggi

Rep: Riga Iman/ Red: Winda Destiana Putri
Kereta api
Foto: Wahyu Putro/Antara
Kereta api

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Animo warga Sukabumi untuk menggunakan moda transportasi kereta api (KA) rute Sukabumi-Cianjur melonjak.

Pasalnya, tiket yang ditawarkan kepada penumpang jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan angkutan lainnya.

Kereta rute Sukabumi-Cianjur ini merupakan kereta perintis yang diresmikan pengoperasiannya oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan pada 19 Februari 2016 lalu. Di mana harga tiketnya cukup murah sebesar Rp 3.000 per penumpang.

"Sejak diterapkan harga tiket baru, jumlah penumpang meningkat," ujar Kepala Stasiun Sukabumi Heru Salam kepada wartawan Kamis (3/3).

Saat ini dalam satu kali keberangkatan jumlah penumpang yang naik kereta dari Stasiun Sukabumi ke Cianjur bisa mencapai 350 orang.Jumlah total tiket yang disediakan mencapai sebanyak 408 tiket untuk satu kali perjalanan.

KA Perintis Sukabumi-Cianjur yang diberi nama KA Siliwangi ini melayani tiga kali keberangkatan dari Sukabumi ke Cianjur dan sebaliknya.

Menurut Heru, jumlah penumpang akan semakin membludak pada setiap akhir pekan. Di mana, penumpang tambahan biasanya adalah wisatawan yang ingin berlibur ke Cianjur menggunakan kereta.

Diterangkan Heru, sistem penjualan tiket KA Siliwangi dilakukan secara langsung di loket yang ada di stasiun. Sementara tiket online untuk jalur tersebut tidak disediakan.Heru mengungkapkan, sebelumnya harga tiket Sukabumi-Cianjur mencapai Rp 10 ribu per penumpang. Pada waktu itu jumlah penumpang cukup sedikit karena paling banyak sepuluh orang untuk kali perjalanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement