Kamis 03 Mar 2016 16:01 WIB

Jokowi Jamin tak Ada Pengurangan Belanja Infrastruktur

Jokowi
Foto: setkab.go.id
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamin tidak ada pengurangan belanja infrastruktur. Presiden menyebutkan jika memang ada belanja yang harus dipotong maka yang akan dikorbankan adalah belanja barang dan belanja rutin lainnya.

"Perlu saya sampaikan kalau terpaksa belanja harus dipotong, belanja infrastruktur tidak akan dipotong," kata Presiden Jokowi usai meninjau Proyek LRT Jakabaring-Bandara Sultan Badaruddin Mahmud II di Palembang, Kamis (3/3).

Terkait penyerapan anggaran, Presiden mengatakan pada 2016, semua proyek sudah dimulai pada Januari tidak seperti pada 2015 yang dimulai Juli atau Agustus.

"Serapan akan lebih baik, dan nanti ada ruang penyesuaian di APBN Perubahan," kata Presiden.

Jokowi menyebutkan perkiraan realisasi penyerapan anggaran juga sudah dihitung termasuk kemungkinan defisitnya. Ia mengingatkan tahun lalu pun banyak yang ragu penerimaan negara bisa mencapai target. Tetapi, hal itu tidak terbukti.

"Kalau akhirnya penerimaan negara tidak tercapai, belanja juga dipotong, tapi kita belum bicara sampai ke sana, jangan mendahului dulu, hitung-hitungannya masih berjalan," katanya.

Pemerintah juga memperhatikan asumsi makro dalam penyusunan APBN seperti harga minyak per barel, prediksi pertumbuhan ekonomi dan lainnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement