Rabu 02 Mar 2016 14:33 WIB

Pekan Ini, Hampir Seluruh Wilayah Indonesia Diguyur Hujan Lebat

Rep: c36/ Red: Ani Nursalikah
Usai hujan lebat, genangan air setinggi 60 cm menggenangi jalan di kawasan Halim, Jakarta Timur, Jumat (28/11).  ( Republika/Edwin Dwi Putranto)
Usai hujan lebat, genangan air setinggi 60 cm menggenangi jalan di kawasan Halim, Jakarta Timur, Jumat (28/11). ( Republika/Edwin Dwi Putranto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat masih akan mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia selama sepekan mendatang. Beberapa wilayah yang diperkirakan mengalami hujan lebat adalah Jabodetabek, Sulawesi dan Papua.

Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik BMKG, A Fachri Radjab mengatakan wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah bagian utara dan Jawa Timur akan mengalami hujan lebat sepekan mendatang. "Selain itu, konsentrasi hujan dengan intensitas lebat juga diperkirakan terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, bagian utara Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara serta Papua Barat," ujar Fahri kepada awak media di Jakarta, Rabu (2/3).

Dia melanjutkan, selain beberapa wilayah di atas, Bali dan Nusa Tenggara Barat juga diperkirakan masih akan mengalami hujan lebat. Menurut pengamatan BMKG, terdapat aktivitas awan cumolonimbus di sebelah selatan Bali pada Selasa pagi.

"Kondisi ini menyebabkan wilayah Bali, NTB, Jawa Timur dan Madura berpotensi mengalami hujan lebat dalam tiga hari mendatang. Instansi setempat diharapkan bersiaga mengantisipasi bencana di kawasan rawan banjir dan longsor di wilayah tersebut," tambah Fachri.

Baca juga: Mobil Terjun dari Parkiran Detos, Dua Tewas

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement