Selasa 01 Mar 2016 14:29 WIB

Ada 9 Konsep Tata Ruang Kalijodo

Petugas memasang plang pemberitahuan penataan RTH saat pembongkaran kawasan Kalijodo, Jakarta, Senin (29/2). (Republika/Yasin Habibi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Petugas memasang plang pemberitahuan penataan RTH saat pembongkaran kawasan Kalijodo, Jakarta, Senin (29/2). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta mulai mempersiapkan konsep dan desain ruang terbuka hijau (RTH) yang akan diterapkan di kawasan Kalijodo.

"Setelah ditertibkan, kami sudah mulai menyiapkan konsep site plan untuk RTH kawasan Kalijodo itu nantinya," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Ratna Diah Kurniati, Selasa (1/3).

Ia mengatakan, ada sembilan konsep ruang yang akan dibangun di kawasan yang sebelumnya kerap dijadikan sebagai tempat praktik prostitusi dan perjudian itu.

"Kami sudah menyiapkan beberapa konsep ruang untuk dibangun di RTH Kalijodo itu nanti, di antaranya ada sarana olahraga dan sarana untuk berkumpul warga. Ada sembilan konsep yang kami buat," ujar Ratna.

Dia menuturkan, sembilan konsep tersebut, antara lain, entrance gate, amphitheater, pedestrian way, sitting area, fountain children play ground, picnic area, futsal area, skateboard park, serta forest sculpture.

"Selain itu, fasilitas dan utilitas di kawasan itu juga akan dilengkapi dengan tempat sampah dan lampu jalur pedestrian. Sehingga, warga dapat menggunakan lokasi tersebut dengan aman dan nyaman," tutur Ratna.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, penerangan yang optimal di kawasan tersebut merupakan instruksi langsung dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sehingga pihaknya pun nantinya akan menerangi RTH tersebut.

"Pak Gubernur meminta supaya penerangan di RTH Kalijodo itu dioptimalkan sehingga kawasan itu bisa tetap terang di malam hari. Dengan konsep ruang serta fasilitas dan utilitas yang ada, diharapkan lokasi itu bisa dioptimalkan pemanfaatannya bagi warga," ungkap Ratna.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement