Jumat 26 Feb 2016 08:14 WIB

Gempa 5,3 SR Guncang Tenggara Pacitan

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: www.keyt.com
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat pada Jumat (26/2) pukul 06.35 WIB pagi telah terjadi gempa dengan magnitude 5,3 skala richter (SR). Pusat gempa di Samudera Hindia pada kedalaman 10 km pada koordinat 9.02 LS,111.44 BT (100 km Tenggara Pacitan - Jawa Timur). 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sumber gempa berada zona pertemuan lempeng Hindia Australia dan Eurasia. "Gempa tidak berpotensi tsunami," katanya, Jumat (26/2).

Gempa dengan guncangan sedang ini dirasakan sekitar daerah Pacitan, dengan intensitas III-IV MMI. Guncangan gempa juga dirasakan di Bantul dengan III MMI. Sebagian masyarakat di Wonogiri dan Gunung Kidul juga merasakan guncangan gempa dengan lemah. 

"Namun tidak ada kepanikan, aktivitas masyarakat tetap normal," katanya. Hingga berita ini diturunkan pihak BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan, belum menerima laporan kerusakan yang diakibatkan dari gempa tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement