Kamis 25 Feb 2016 14:45 WIB

Palembang Bangun Patung Iwak Belido di Tepi Sungai Musi

Rep: Maspril Aries/ Red: Ilham
Seorang nelayan menjala ikan di Sungai Musi saat kabut asap menyelimuti Kota Palembang, Selasa (6/9).
Foto: Antara/Nila Fu'adi
Seorang nelayan menjala ikan di Sungai Musi saat kabut asap menyelimuti Kota Palembang, Selasa (6/9).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Kota Palembang akan memiliki ikon baru selain jembatan Ampera. Di pelataran plaza Benteng Kuto Besak (BKB) yang berada di tepi sungai Musi, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan membangun sebuah patung Iwak Belido atau patung ikan belida.

Untuk pembangunan ikon baru mirip dengan patung Merlion di Singapura tersebut, Pemkot Palembang menggandeng PT Bukit Asam (PTBA) Tbk. Direktur SDM dan Umum PTBA Maizal Gazali membenarkan adanya keterlibatan BUMN batu bara tersebut untuk membantu pembangunannya. “PTBA akan membantu pembangunan patung tersebut dari dana CSR,” katanya, Kamis (25/2).

Sementara itu, menurut Sekretaris Perusahaan PTBA Joko Pramono, untuk bantuan pembangunan patung Iwak Belido, sudah dilakukan penandatanganan nota kespahaman antara PTBA dengan Pemerintah Kota Palembang. “Untuk besarnya dana bantuan belum bisa kita sebutkan karena teman-teman dari CSR masih melakukan penghitungan,” katanya.

Menurut Maizal Gazali, pembangunan patung Iwak Belido di tepi sungai Musi tersebut merupakan bagian dari kepedulian PTBA terhadap Kota Palembang yang terkait dengan bina wilayah. “Untuk desainnya dipersiapkan Pemerintah Kota Palembang, PTBA membantu membiayai pembangunannya.”

Sementara itu, staf ahli bidang ekonomi pembangunan dan investasi Pemkot Palembang, Sudirman Tegoeh menjelaskan, pembangunan patung Iwak Belido tersebut direncanakan akan selesai akhir 2016.

Menurut Sudirman Tegoeh, patung Iwak Belido akan dibangun dengan tinggi mencapai 12 meter dengan estimasi dana sekitar Rp 4,5 miliar. Iwak belido adalah ikan yang sudah dikenal masyarakat Palembang dan menjadi salah satu ikan campuran untukmembuat pempek kuliner khas Palembang.

Patung Iwak Belido di tepi sugai Musi tersebut didesain ada air mancur yang akan keluar dari mulutnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement