Selasa 23 Feb 2016 22:15 WIB

Psikolog Heran Saipul Jamil Bisa Cabuli Anak-Anak

Rep: Lintar Satria/ Red: Ilham
Reza Indragiri Amriel
Foto: NET
Reza Indragiri Amriel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikologi Anak, Reza Indragiri Amril mengatakan, penyintas-penyintas seperti korban pecehan seksual oleh Saipul Jamil, DS (17) dan keluarganya yang tidak takut pada aib, sorotan publik, kecaman, dan proses hukum yang panjang harus mendapat dukungan. Karena DS dan keluarganya tidak takut untuk melaporkan dan berhadapan dengan orang besar seperti Saipul Jamil.

"Saya berharap saudara DS bisa datang lagi tanpa harus menggunakan topeng," kata Reza dalam Indonesia 'Lawyers Club' di TVOne, Selasa (23/2). (Korban Saipul Jamil Masih Trauma).

Reza menjelaskan, kasus Saipul Jamil ini menjadi gambaran jelas bahwa homoseksual disebabkan faktor lingkungan. Kasus ini juga dapat disebuat pedofilia situasional.

Ia menjelaskan, pedophilia situasional disebabkan oleh faktor situasi. Seorang pedophil yang sebenarnya memiliki ketertarikan kepada orang dewasa, karena alasan dan situasi tertentu ia menjadi mengincar anak-anak.

"Bagaimana mungkin SJ yang sudah dua kali berumah tangga dengan perempuan dewasa dapat melakukan hal seperti ini," katanya.

Reza menjelaskan, ada seorang pelaku pedofil yang korbannya sudah puluhan. Namun ia tetap memilih untuk berhubungan seksual dengan orang dewasa.

Reza juga mengatakan, jika dikaji dari sudut pandang akademik, kasus Saipul Jamil ini dapat disebut homoseksual fuktuatuatif. Dimana kecederungan homoseksual terjadi ketika situasi dan lingkungan mendukung untuk melakukan homoseksual.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement