Selasa 23 Feb 2016 15:57 WIB

Cerita Tukang Setrika Keliling Jadi Heboh di Facebook

Rep: C38/ Red: Ilham
Setrika uap/ilustrasi
Foto: asklubo.com
Setrika uap/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Tri Amelia (31) baru saja pulang dari menyetrika pakaian orang. Ia menyandarkan sepeda motor di halaman rumahnya yang terletak di Villa Mutiara Gading 3 Blok H3/6 dan langsung melemparkan senyum pada Republika.co.id yang sudah menanti di depan rumahnya.

Perempuan berjilbab lebar itu terlihat ramah dan langsung mengajak Republika.co.id mengobrol soal apa yang sedang menimpanya; menjadi pusat perbincangan di Media Sosial, Facebook.

Ibu tiga anak yang akrab disapa Icha ini menuturkan, ide Gosok Keliling alias Gokil ini berasal dari sang suami, Irsan Heryadi (33). Namun, ia tak mengira postingannya di jejaring sosial Facebook akan menjadi sedemikian viral. Sampai hari ini, kata Icha, ada 13 ribuan orang yang menyukai dan hampir 10 ribuan orang yang membagikan postingannya. Ia juga dibombardir ratusan permintaan pertemanan.

Menurut Icha, jasa setrika ini telah dimulai sejak tahun 2013. Namun, satu bulan yang lalu, Icha menyediakan jasa setrika keliling di perkampungan sekitarnya. Pada 2010, pasangan suami istri ini sempat membuka jasa laundry, tapi tidak berkembang.

Usaha itu hanya bertahan dua tahun saja. Pada Januari 2013, ia menjajal usaha setrika kiloan lantaran merasa sayang melihat setrika dan mesin uap terbengkalai. "Soalnya banyak yang sudah buka laundry dan punya mesin cuci juga, gosok paling malas, jadi coba-coba itu," kata Icha.

Awalnya, ia menyebar brosur ke sekitar perumahan. Dua bulan berselang, tak jua ada yang menelepon. Pada bulan ketiga, mulai ada satu pelanggan yang menghubungi. Hal itu membangkitkan semangat Icha. Dari mulut ke mulut, usaha itu kemudian mulai berkembang. Sampai pada bulan keenam, Icha sudah berani mempekerjakan satu pegawai.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement