Senin 22 Feb 2016 17:19 WIB

Lapan Lakukan Empat Penelitian pada GMT

Gerhana matahari total akan terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016.
Foto:

Sebelumnya Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan gerhana matahari total unik karena posisi bulan menutupi matahari tidak selalu terjadi setiap bulan baru. Terkadang satu wilayah di bumi baru akan dilintasi GMT satu kali dalam 350 tahun.

Pada GMT 2016, ia mengatakan jalur totalitas gerhana dimulai dari Samudra Hindia hingga Pasifik di sebelah utara Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat dengan rentang sejauh 1.200-1.300 kilometer (km), dengan lebar jalur mencapai 155-160 km melintasi 12 provinsi di Indonesia.

Provinsi-provinsi tersebut antara lain Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Namun demikian, menurut dia, tidak semua daerah di provinsi tersebut dilintasi jalur totalitas gerhana.

Selain itu, Thomas mengatakan lama GMT yang melintasi wilayah Indonesia antara 1,5 hingga lebih dari tiga menit. Jika Seai di Pulau Pagai Selatan, Sumatera Barat, dilintasi sangat singkat selama 1 menit 54 detik maka Maba di Halmahera Timur, Maluku Utara, menjadi lokasi terlalu dilintasi mencapai 3 menit 17 detik.

Dan totalitas GMT 2016 akan terjadi di satu titik di Samudra Pasifik selama 4 menit 9 detik, ujar Thomas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement