Senin 22 Feb 2016 12:17 WIB

Parade Drumband akan Meriahkan CGM 2016 Bogor

Rep: C32/ Red: Winda Destiana Putri
Perayaan Cap Gomeh di Bogor
Foto: Antara
Perayaan Cap Gomeh di Bogor

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pesta Rakyat Cap Go Meh 2016 Bogor segera digelar siang nanti (22/2) di kawasan Suryakancana. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini acara CGM akan menghadirkan penampilan baru untuk memeriahkan acara tersebut.

"Akan diisi parade drumband dari Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Jawa Barat dan parade kostum yang dipersembahkan dari Bogor Sahabat," kata kata Ketua Pelaksana Tim Kerja Pesta Rakyat CGM 2016 Arifin Himawan, Ahad (21/2).

Arifin menjelaskan, perayaan CGM tahun ini lebih banyak drumband. Selain dari PDBI Jawa Barat, menurutnya juga ada Pusdikzi dan Drumband Mandarava NSI. Selain itu, tim kesenian dari luar negeri juga akan hadir seperti ondel-ondel Lo Cia San Tai Cu Dance dari Taiwan.

Panggung yang akan digunakan juga berbeda pada acara CGM 2016. "Tahun ini hanya tiga panggung, panggung satu sebagai panggung utama di depan Plaza Bogor, panggung dua di pelataran depan THE 101 Bogor Suryakancana, dan panggung tiga di Pertigaan Batutulis," jelas Arifin.

Tak hanya panggung yang berbeda, rute kirab lebih akan lebih singkat. Nantinya, rute tidak melintasi Jalan Raya Padjajaran namun dimulai dari depan Vihara Dhanagun melintasi Jalan Suryakancana, Jalan Siliwangi, dan berakhir di Pertigaan Batutulis.

"Tim ritual yakni joli-joli dan Liong Barong pengawal joli akan kembali ke Vihara Dhanagun dengan melintasi rute yang sama," tutur Arifin.

Acara CGM 2016 akan dimulai pad apukul 14.30 WIB hingga selesai, diawali dengan seremonial dan sekaligus pelepasan peserta heularan.

Sebelumnya, pada Ahad (21/2) sudah dimulai rangkaian ritual di Vihara Dhanagun dan Klenteng Phan Ko Bio atau Vihara Mahabrahma Pulo Geulis dan dilanjutkan pada Senin (22/2) pagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement