Sabtu 20 Feb 2016 22:12 WIB

Pemprov DIY akan Beli Rumah Persembunyian Bung Karno

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Achmad Syalaby
Sukarno, Ethel Kennedy, Robert Kennedy
Foto: arsip nasional
Sukarno, Ethel Kennedy, Robert Kennedy

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Pemerintah Provinsi DIY berencana akan membeli rumah di daerah Patangpuluhan Yogyakarta yang  pernah dijadikan persembunyian Presiden Soekarno (red. Bung Karno) dan keluarganya.

‘’Insya Allah rumah tersebut akan kami beli. Kami sudah komunikasi dan mengajukan surat resmi kepada ahli waris rumah tersebut dan ada respon,’’kata Kepala Dinas Kebudayaan DIY Umar Priyono, Sabtu (22/2).

Rencana pembelian rumah tersebut di tahun 2017 karena di tahun 2016 dalam anggaran Danais tidak ada rencana pembelian rumah BCB (Benda Cagar Budaya) tersebut. Tahap selanjutnya akan dilakukan appraisal terlebih dahulu. ‘’Kalau harganya cocok kita beli. Namun sampai sekarang perkiraan harga belum kami ajukan karena menunggu appraisal dulu,’’tutur dia.

Umar menolak untuk mengemukakan mau dijadikan apa  apabila rumah tersebut dibeli Pemda DIY. ‘’Saya belum mau membeli pernyataan dulu sebelum rumah tersebut terbeli,’’kata Umar sambil tersenyum.

Sebagaimana yang telah diketahui, Presiden RI pertama sempapt bersembunyi di rumah tersebut. Ketika itu Bung Karno takut penyerangan dari pihak Belanda.  Rumah tersebut  merupakan kediaman (alm) Prof Ir KRT Poerbodiningrat yang merupakan cucu dari Sultan Hamengku Buwono VII.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement