Senin 15 Feb 2016 09:08 WIB

Waspadai 4 Penyakit Ini di Musim Hujan Serta Banjir

Rep: Edy Setyoko/ Red: Indira Rezkisari
Banjir bandang/ilustrasi
Foto: Antara
Banjir bandang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Musim hujan disertai banjir berpotensi pada berkembangbiaknya beragam penyakit. Menurut Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Kabid P2PL) Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Efi S Pertiwi, ada empat jenis penyakit merebak terjadi saat bencana  musim hujan.

''Kami minta masyarakat lebih waspada terhadap penyakit yang berpotensi meningkat saat terjadi bencana banjir,'' pintanya, Senin (15/2).

Empat jenis penyakit yang biasanya muncul saat banjir, menurut Efi, kulit, diare, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), dan leptospirosis. Untuk penyakit kulit dan diare, umumnya karena menyangkut kebersihan.

Air banjir, lanjut Efi, pada umumnya sangat kotor. Dan, banyak mengandung kuman penyakit. Jika kulit terkena air banjir, dan kebersihan tidak terjaga, sangat mungkin akan timbul gatal-gatal. Begitu juga dengan diare. Ketika banjir, air yang dikonsumsi sangat mungkin tercemar. Sehingga mengakibatkan diare. Dengan demikian, potensi diare sangat mungkin terjadi.

Kalau mengkunsumsi air, gunakan yang benar benar bersih. Dan, harus dimasak sampai mendidih. Sedang penyakit ISPA, diantaranya karena menyangkut ketahanan tubuh. Karena itu, perlu istirahat yang cukup. Jaga kesehatan selama cuaca musim hujan.

Adapun leptospirosis, kata Efi, merupakan penyakit yang disebabkan air kencing tikus. Penyakit itu timbul akibat luka yang terbuka. Dan, kemudian terkena air kencing tikus. Selain itu juga, dapat disebabkan karena makan makanan yang terkontaminasi air seni tikus.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement