Ahad 14 Feb 2016 02:48 WIB

28 Februari, Tangerang Mulai Terapkan Kantong Plastik Berbayar

Rep: c35/ Red: Hazliansyah
Sampah plastik
Foto: abc news
Sampah plastik

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Penerapan kebijakan kantong plastik berbayar di Kota Tangerang akan dimulai pada 28 Februari mendatang, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tangerang ke-23.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang Ivan Yudianto berharap kebijakan tersebut dapat mengurangi sampah secara signifikan.

“Kebijakan itu akan mulai diberlakukan saat HUT Kota Tangerang nanti. Diharapkan kebijakan ini dapat mengurangi sampah terutama sampah plastik yang rata-rata berkisar 30 persen dari total sampah yang ada di Kota Tangerang,” kata dia kepada Republika.co.id di Tangerang, Sabtu (13/2).

Ivan melanjutkan, sampah di Kota Tangerang mencapai 1.000 ton setiap harinya. Dari jumlah tersebut sampah plastik menyumbang 300 ton sampah per harinya.

Sampah plastik sulit terurai, memakan jangka waktu yang cukup lama. Dengan kebijakan kantong plastik berbayar diharapkan dapat mengurangi pasokan sampah.

Dengan pengurangan sampah yang signifikan tersebut menurut Ivan sangat bermanfaat terutama untuk memperpanjang umur Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Mengingat mencari lahan untuk dijadikan sebagai TPA baru akan semakin sulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement