Jumat 12 Feb 2016 07:55 WIB

Singkawang Siaga Banjir

Banjir. Ilustrasi
Foto: Dok: PKPU
Banjir. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Singkawang menetapkan kota itu dalam status siaga banjir. Masing-masing camat khususnya di lima kecamatan di Kota Singkawang dilarang meninggalkan daerahnya.

"Antisipasi banjir di wilayahnya," kata Ketua BPBD Singkawang, Syech Bandar, Kamis (11/2).

Hal itu ditegaskan dia, lantaran dalam sepekan ini intensitas curah hujan sedang selalu menyelimuti Kota Singkawang. Dia juga menegaskan, mulai dari sekarang para Camat sudah harus menyiapkan tempat untuk penampungan korban banjir, peralatan dan makanan.

"Jangan sampai sudah terjadi banjir, baru kalang kabut," katanya.

Menurutnya, semua perlengkapan harus sudah siap. Dan dia tak mau mendengar, ada warga yang hanyut karena banjir. BPBD Singkawang juga, tambahnya, sudah melakukan rapat terkait banjir, dan tentunya harus ada alur evakuasi apabila terjadi banjir.

"Jauh-jauh hari kita sudah lakukan rapat terkait banjir. Kalau tidak salah, sebelum relokasi eks-Gafatar," tuturnya.

Dan BPBD Singkawang juga, lanjutnya, sudah memploting daerah-daerah yang memang rawan dengan banjir. Menurutnya, ploting daerah rawan banjir sangat penting, agar mudah dalam melakukan pemetaan kawasan terjadinya bencana banjir dan juga dalam melakukan evakuasi terhadap warga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement