Rabu 10 Feb 2016 08:20 WIB

Enam Orangutan Dikembalikan dari Thailand

Orangutan sumatra (Pongo abelii)
Foto: Antara/Irsan Mulyadi
Orangutan sumatra (Pongo abelii)

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Sebanyak enam orangutan diterbangkan dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (10/2).

Direktur Utama Borneo Orang Utan Survival Foundation (CEO BOSF) Jamartin Sihite mengatakan mereka akan dibawa dengan truk menuju Nyaru Menteng di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. "Mereka ini orangutan yang dikembalikan dari Thailand. Kami bawa ke Nyaru Menteng sebab berdasar pemeriksaan DNA mereka orangutan Kalimantan Tengah atau Pongo pygmaeus wurmbii," katanya.
 
Pemulangan ke Kalimantan Tengah adalah bagian dari kegiatan yang berlangsung sejak September, Oktober, dan November 2015. Pemerintah Indonesia berhasil memulangkan 16 orangutan (Pongo pygmaeus) dari luar negeri kembali ke Indonesia.
 
Dalam rombongan pemulangan tersebut, terdapat dua bayi orangutan berkelamin betina yang diberi nama Puspa (10 bulan) dan Moza (tiga tahun). Kedua bayi dipulangkan dari Kuwait, sebuah negeri kecil kaya minyak di Timur Tengah.
 
"Dari pemeriksaan DNA, kami ketahui Puspa orang utan sumatra atau Pongo pygmaeus abelii," kata Sihite.
 
Dari tujuh individu orangutan Kalimantan Tengah, empat di antaranya dipulangkan dari Thailand dan satu merupakan sitaan dari upaya penyelundupan di Bandara Soekarno-Hatta. "Para orangutan ini masih harus direhabilitasi sebelum bisa dilepasliarkan lagi ke hutan," katanya.
 
Hal itu, kata dia, membuat Puspa harus berpisah dengan dua bayi orangutan lain, yaitu Moza yang juga dikembalikan dari Kuwait dan Junior yang disita di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Ketiga orangutan tersebut bersama dengan empat orangutan yang dikembalikan dari Thailand. Selama ini, binatang itu dirawat di Fasilitas Karantina milik Taman Safari Indonesia di Cisarua, Bogor.
 
Puspa akan diserahterimakan kepada Sumatra Orang Utan Conservation Programme (SOCP) yang berpusat di dekat Medan, Sumatra Utara, yang dipimpin Ian Singleton. "Moza, Junior, serta dua pasang orang utan ibu dan anak yang dikembalikan dari Thailand akan dibawa ke BOSF di Nyaru Menteng, dekat Palangkaraya," kata Sihite.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement