Selasa 09 Feb 2016 22:04 WIB

Harian Republika Raih 5 Penghargaan

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Karta Raharja Ucu
Penghargaan untuk Republika di Hari Pers Nasional 2016
Foto: Istimewa
Penghargaan untuk Republika di Hari Pers Nasional 2016

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Harian Republika meraih lima penghargaan dalam ajang IPMA, InMA, IYRA dan ISPRIMA 2016 yang diselenggarakan Serikat Perusahaan Pers (SPS) di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (9/2).

Penghargaan yang diperoleh yaitu Silver Winner kategori The Best Of National Newspaper Indonesia Young Readers Awards (IYRA) 2016 untuk design berjudul 'Ayo Donor Darah' edisi 5 Mei dan Gold Winner The Best Of National Newspaper Indonesia Young Readers Awards 2016 untuk design berjudul 'Terbuang Mubazir' edisi 14 Juli 2015.

Gold Winner kategori The Best Nasional Newpaper IPMA 2016 edisi 8 Oktober 2015, Gold Winner kategori The Best Nasional Newpaper IPMA 2016 edisi 9 Oktober 2015 dan Silver Winner kategori The Best Nasional Newpaper IPMA 2016 edisi 20 Oktober 2015. 

Pemimpin Redaksi Harian Republika, Nasihin Masha mengatakan, semua penghargaan didedikasikan untuk pembaca. Semua yang dilakukan untuk pembaca dengan memberikan sajian yang terbaik. Dari segi pilihan warna, komposisi, foto dan design keseluruhan. 

"Semoga penghargaan ini bukan membuat kita jemawa tapi semakin rendah hati. Kita harus berbuat lebih baik lagi karena ini tanggung jawab Republika ke depannya," ujarnya usai menerima penghargaan di Hotel Golden Palace, Mataram, NTB.

Ia menuturkan, selama 2015 Republika banyak menampilkan design yang tidak biasa. Sebab, tidak ingin sekadar menampilkan komposisi namun lebih dari itu memperlihatkan ide atau gagasan dengan bahasa simbol serta inovasi dan kreativitas yang tidak biasa yang digunakan dalam media cetak.

“Konsistensi ini wujud dari kita membangun sistem dan pembinaan sumber daya manusia dan nilai yang terbaik untuk pembaca,” ucap dia.

Selain itu, penghargaan yang diperoleh Republika bukan yang pertama. Namun, tiap tahun mendapatkan penghargaan untuk kategori design.

Wakil Redaktur Pelaksana Harian Republika, Kumara Dewatasari mengatakan penghargaan yang diperoleh didedikasikan untuk seluruh karyawan Republika. Sebab, pekerjaan yang menghasilkan penghargaan ini merupakan pekerjaan tim.

Sekaligus membangkitkan untuk kita lebih baik karena dengan lebih baik maka bisa bertahan lama. “Mudah-mudahan apa yang dikerjakan selama ini diterima oleh pembaca,” ungkapnya.

Direktur Utama PT Republika Media Mandiri, Agoosh Yoosran mengatakan, penghargaan yang diperoleh merupakan prestasi yang membanggakan. Apalagi, ia mengaku baru menjabat pada awal Januari kemarin. Penghargaan tersebut memberikan motivasi serta apa yang dilakukan oleh tim merupakan prestasi dan dihargai.

Meski trend media cetak saat ini yang mengalami penurunan, ia meyakini media cetak tidak akan mati namun mempunyai porsi tersendiri dan tetap punya andil dalam platporm media yang ada. Sementara itu, keberadaan media digital menjadi tantangan sekaligus penyemangat untuk harus terbuka melihat perkembangan zaman. 

“Media cetak itu buat kita mempertahankan eksistensi karena itu yang dilihat dan media digital supaya tidak ketinggalan zaman,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement