Selasa 09 Feb 2016 17:30 WIB

Aher: Proyek di Jabar Jangan Jadi Bancakan Perusahaan Asing

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.
Foto: Antara/Budiyanto
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mendorong Gabungan Pengusaha Jasa Konstruksi (Gapensi) Jabar meningkatkan kapasitasnya. Agar proyek-proyek besar di wilayah provinsi itu tidak menjadi bancakan perusahaan-perusahaan asing.

"Jabar akan banyak membangun, Gapensi harus terlibat. Jangan sampai diambil alih oleh pengusaha asing," kata Gubernur Jabar pada pembukaan Musda XII DPD Gapensi Jabar di Bandung, Selasa (9/2).

Menurut dia, Jabar merupakan salah satu daerah yang dalam beberapa waktu ke depan menjadi pusat pembangunan dan pengembangan kawasan. Pemerintah pusat telah menunjuk beberapa lokasi menjadi tempat pembangunan infrastruktur bernilai cukup besar, sehingga menjadi peluang bagi para pengusaha terutama anggota Gapensi.

"Akan ada perbaikan dan pembangunan sejumlah insfratruktur di wilayah Jabar dengan nilai yang sangat besar, itu harus menjadi peluang bagi anggota Gapensi," kata Heryawan.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga mendorong agar para pengusaha anggota Gapensi Jawa Barat untuk memiliki daya saing pada ajang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mana sektor jasa konstruksi saat ini sudah dibuka di seluruh ASEAN.

"Yang jelas jangan hanya bisa berperan di dalam provinsi atau di dalam negeri, tapi bagaimana agar anggota Gapensi bisa berkiprah di kawasan regional. Salah satunya meningkatkan kapasitas dan daya saing," katanya.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga mendorong agar Gapensi terus mencetak pengusaha-pengusaha bidang jasa konstruksi agar jumlah pengusaha di Jabar terus meningkat. Menurut dia, Jabar memiliki modal karena tempat berdirinya perguruan-perguruan tinggi yang memiliki jurusan spesialisasi di bidang jasa konstruksi.

"Gapensi Jabar harus bisa bersinergi dan sama-sama mendorong agar pengusaha jasa konstruksi Jabar berdaya saing dan tangguh dalam persaingan global," kata Gubernur Heryawan.

Pada Musyawarah Daerah itu, Gapensi Jawa Barat akan memilih ketua umum periode 2016-2021. Selain gubernur, pada kesempatan itu juga hadir Ketua Umum DPP Gapensi Iskandar Z Hartawi, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Ketua DPD Gapensi Jabar Susilo Wibowo dan ratusan peserta Musda dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

"Musyawarah daerah ini juga menjadi ajang refleksi bagi Gapensi yang saat ini telah memasuki usia 57 tahun," kata Ketua Umum Gapensi Jabar, Susilo Wibowo.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement