Kamis 04 Feb 2016 16:00 WIB

Ke AS, Jokowi Bakal Kunjungi Sillicon Valley

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Angga Indrawan
Presiden Joko Widodo
Foto: Reuters/ Yuri Gripas
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo akan bertandang ke Amerika Serikat untuk menghadiri ASEAN-US Summit di California pada 15-16 Februari mendatang. Dalam rangkaian kunjungan kerja tersebut, Presiden juga direncanakan berkunjung ke Sillicon Valley di San Fransisco. 

"Memang ada rencana ke San Fransisco. Ini jadwalnya masih difinalisasi," ucap Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (4/2).

Sillicon Valley merupakan satu daerah yang menjadi markas bagi perusahan-perusahan besar di bidang teknologi dan komputer, antara lain Apple, eBay, Google, Intel, Adobe System dan Yahoo! Menurut Rudi, di San Fransisco, Presiden Jokowi akan bertemu dengan sejumlah pengusaha asal negeri Paman Sam tersebut untuk membahas rencana pengembangan ekonomi digital di Indonesia.

Kunjungan Presiden nanti akan menjadi lawatan kedua Jokowi ke Amerika. Kunjungan pertama telah dilakukan Presiden pada akhir Oktober lalu.

Saat itu, usai melakukan kunjungan bilateral ke kantor Presiden Barrack Obama di Washington DC, Presiden sebenarnya dijadwalkan melanjutkan lawatan ke San Fransisco. Namun, Presiden dan rombongan pada akhirnya memutuskan untuk pulang ke Indonesia lebih awal dari jadwal karena ada permasalahan kebakaran hutan yang makin kompleks di Tanah Air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement