Selasa 02 Feb 2016 20:27 WIB

Sebelum ke Amerika, Jokowi Bakal Lantik Tujuh Gubernur di Istana

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Teguh Firmansyah
Jokowi
Foto: setkab.go.id
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak tujuh gubernur yang terpilih dalam Pilkada serentak akan dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, upacara pelantikan akan digelar sebelum Presiden berangkat ke Amerika Serikat pekan depan. "Sebelum Presiden ke Amerika Serikat sudah dilantik di sini (Istana)," katanya di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (2/2).

Tujuh gubernur hasil Pilkada serentak yang akan dilantik yakni gubernur Bengkulu, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Sulawesi Utara dan Jambi.

Sementara, lanjut Tjahjo, sekitar 200-an bupati dan walikota terpilih akan dilantik secara serentak di ibu kota provinsi masing-masing oleh gubernur atas nama Menteri Dalam Negeri.  "Jadi gubernur dilantik dulu, baru setelah itu (gubernur) lantik bupati dan walikota. Setelah itu ada pengarahan dari Presiden," kata dia.

 

Tjahjo juga mengatakan ada beberapa kepala daerah yang baru akan dilantik pada Juni mendatang. Hal ini karena mereka adalah pejabat yang masa jabatannya belum habis.

Baca juga, Berstatus Tersangka Calon Kepal Daerah Tetap Bisa Dilantik.

Mengacu pada Undang-Undang yang ada, kata dia, masa jabatan tak boleh dipotong. Karenanya, mereka harus menyelesaikan sisa masa tugas sebelum dilantik sebagai kepala daerah priode selanjutnya.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement