Selasa 02 Feb 2016 08:24 WIB

Tujuh Napi Positif Pakai Narkoba di Lapas Wanita Tangerang

Rep: c35/ Red: Andi Nur Aminah
Lapas Anak Wanita Tangerang, Banten (ilustrasi)
Foto: yustisi.com
Lapas Anak Wanita Tangerang, Banten (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Prihatin akan maraknya kasus pengedaran narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Kapolres Metro Tangerang Kombes Agus Pranoto memerintahkan Kasat Narkoba dan Kasat Reskrim untuk melakukan operasi di lingkungan Lapas di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota. Dari hasil operasi tersebut, ditemukan tujuh narapidana (napi) dinyatakan positif memakai narkoba setelah dilakukan tes urine.

"Disinyalir beberapa Lapas di Indonesia terdapat napi yang mengendalikan pengedaran narkoba dari dalam Lapas," kata AKP Triyani, Kabag Humas Polres Metro Tangerang, Selasa (2/2).

Operasi tersebut dilakukan pada Senin (1/2) malam pukul 20.00 WIB di Lapas wanita di Tangerang kota. Dari hasil operasi tersebut ditemukan 29 buah handphone, uang sebesar Rp 1.732.500, 10 buah powerbank, 52 buah gunting, 19 bungkus rokok, 18 buah korek api, sembilan buah pisau, dan tujuh orang positif memakai narkoba dikarenakan rokok.

Karena kegiatan ini dilakukan di Lapas wanita, maka penanganannya dilakukan oleh Polisi Wanita (Polwan). Polres Metro Tangerang Kota mengerahkan 56 Polwan untuk beroperasi. Selain itu operasi juga dibantu oleh 25 petugas Lapas. Para Polwan dan petugas Lapas dengan sigap menyisir blok-blok di Lapas tersebut.

"Kegiatan ini disambut baik oleh pihak Lapas karena sekaligus operasi barang-barang terlarang di Lapas. Polisi akan bekerjasama dengan Lapas dalam menekan peredaran narkoba dari dalam penjara," ujar Kombes Agus Pranoto.

Kombes Agus melanjutkan, operasi ini nantinya juga akan dilaksanakan di lima Lapas di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota. Menurut dia operasi di malam hari sangat efektif dilakukan mengingat tidak ada pengunjung saat malam hari. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement