Ahad 31 Jan 2016 13:57 WIB

Ratusan Rumah di Situbondo Diterjang Banjir

Red: Ilham
Banjir (ilustrasi)
Foto: Edi Yusuf/Republika
Banjir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Ratusan rumah warga di tiga desa di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, dilanda banjir bandang akibat Sungai Silowogo tidak mampu menampung air hujan yang cukup deras. Luapan sungai sekitar dua jam itu, menyebabkan banjir setinggi sekitar 40 sentimeter.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, Yahya Maziun saat mengatakan, banjir menimpa warga di Desa Silowogo, Kecamatan Bungatan, pada pukul 3.00 dini hari.

"Di Desa Silowogo ada 28 rumah warga yang terkena banjir. Tidak ada korban jiwa, hanya saja rumah warga kemasukan air luapan sungai," ujar dia.

Menurut Yahya, selain itu banjir juga menerjang 100 rumah di Desa Melandingan Wetan, Kecamatan Bungatan. Sementara di Desa Sumberanyar hanya 15 rumah yang tergenang.

"Tiga desa yang terkena banjir luapan air sungai rata-rata rusak ringan. Rumah warga hanya kemasukan air luapan dan sedikit lumpur. Sejak pagi tadi air sudah surut," kata mantan Sekretaris BPBD Situbondo ini.

Pada Minggu siang, sejumlah personel BPBD Situbondo telah diterjunkan ke lokasi banjir. Selain melakukan pendataan korban banjir, petugas juga turut membantu warga untuk membersihkan rumah dari lumpur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement